Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dirjen Kekayaan Negara Kunjungi KPKNL Tangerang II Dan KPKNL Tangerang I
Sri Mastuti
Jum'at, 29 September 2017   |   552 kali

Tangerang - Rabu (27/9/2017) Tangerang diguyur hujan deras sejak pagi. Namun hal itu tidak menyurutkan langkah para pegawai KPKNL Tangerang II untuk tetap beraktifitas, apalagi hari itu adalah hari istimewa karena mendapat kunjungan dari Dirjen Kekayaan Negara.

Kunjungan Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata yang didampingi Sekretaris DJKN Dodi Iskandar, dilakukan dalam rangka monitoring kegiatan revaluasi BMN pada Kanwil DJKN Banten, khususnya pada KPKNL Tangerang II dan KPKNL Tangerang I, sekaligus mengenal lebih dekat profil kantor dan para pegawai pada kedua KPKNL yang berdekatan tersebut.

Acara kunjungan diawali dengan berkeliling melihat ruangan-ruangan pada KPKNL Tangerang II, termasuk dua rumah dinas yang berada di belakang gedung kantor KPKNL. Dirjen yang ramah dan kebapakan tersebut menyapa setiap pegawai tanpa menimbulkan kesan menjaga jarak, sehingga para pegawai merasa senang atas perlakuan yang hangat dan menyenangkan dari pimpinan tertinggi DJKN tersebut.

Setelah makan siang bersama, acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Dirjen Kekayaan Negara, yang diawali dengan laporan progres revaluasi BMN pada Kanwil DJKN Banten oleh Kepala Kanwil DJKN Banten Tedy Syandriadi. Dalam laporannya, Tedy mengungkapkan bahwa berdasarkan pantauan terhadap kegiatan revaluasi pada KPKNL-KPKNL di wilayah Kanwil DJKN  Banten, sampai dengan saat ini masih dilakukan kegiatan revaluasi, baik persiapan, pelaksanaan cek fisik, update data, pembuatan Laporan Hasil Inventarisasi maupun Laporan Hasil Penilaian. “Dari total target masing-masing kantor yaitu KPKNL Serang, KPKNL Tangerang I, dan KPKNL Tangerang II telah menunjukkan progres yang semakin meningkat. Namun terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh teman-teman, antara lain kurangnya tingkat pemahaman pada Satker terhadap SIMAN fitur revaluasi, konsentrasi Satker yang terpecah karena bersamaan dengan kegiatan RKBMN  2018, serta seringnya terjadi Aplikasi SIMAN yang tiba-tiba down. Namun KPKNL tetap memberikan bimbingan teknis secara terus menerus kepada satker” ungkap Tedy. Selanjutnya Kepala KPKNL Tangerang I Mas Agus Subakti dan Kepala KPKNL Tangerang II Sri Handayani memaparkan capaian kinerja serta progress kegiatan revaluasi pada masing-masing kantor yang dipimpinnya.

Mengawali arahannya kepada para pegawai KPKNL Tangerang II maupun KPKNL Tangerang I, Isa menyampaikan rasa senangnya karena memang sudah menunggu untuk dapat berkunjung KPKNL Tangerang II dan KPKNL Tangerang I. “Pagi ini saya sangat bersemangat sekali, karena akan mengunjungi kantor kembar di Tangerang,”  begitu Isa menyebut KPKNL Tangerang II dan KPKNL Tangerang I.  Berkaitan dengan kegiatan revaluasi BMN, Isa berharap agar KPKNL Tangerang II dan KPKNL Tangerang I menjadi kantor yang mencapai finish terlebih dahulu, mengingat lokasi obyek yang berdekatan di sekitar kota Tangerang dan tidak terdapat kendala yang berarti dalam mencapai lokasi obyek revaluasi. Isa juga menyampaikan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani menghendaki perubahan di DJKN. DJKN diharapkan tidak hanya menjadi pencatat aset, namun menjadi pengelola aset. Dengan menjadi pengelola aset, maka harus memiliki mindset bahwa setiap aset harus menghasilkan manfaat baik ekonomi maupun finansial. Selain mengenai revaluasi BMN, Isa juga menyoroti masalah penilaian, lelang, dan pengurusan Piutang Negara. Dikatakan bahwa kegiatan penilaian merupakan kegiatan yang inheren dalam aktifitas revaluasi BMN. Isa berpesan agar jangan menyepelekan hal kecil, karena dapat menjadi celah untuk dipermasalahkan pihak lain. Apabila mengalami kesulitan, agar saling berkomunikasi terhadap sesama penilai atau kepada atasannya. Sedangkan terkait dengan lelang, Isa menyampaikan bahwa insan DJKN harus mampu berpikir untuk melakukan perbaikan, mengingat lelang saat ini terkesan hanya banyak frekuensi tetapi sedikit transaksi. Setelah arahan Dirjen Kekayaan Negara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi.

Di Akhir kegiatan, Isa menyampaikan rasa suka citanya dan berharap suatu saat nanti dapat kembali mengunjungi KPKNL Tangerang II dan KPKNL Tangerang I. Acara ditutup dengan photo bersama seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Tangerang II dan KPKNL Tangerang I.

(Teks dan Photo : Team HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini