Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Improving Communication Skill Membutuhkan Jam Terbang
N/a
Jum'at, 18 Desember 2015   |   1076 kali

Tangerang - “Berdasarkan riset, kata-kata memberi  peran tidak lebih dari 7 % dalam keberhasilan komunikasi, ekspresi 35 %, Intonasi dan bahasa tubuh 58 %. Kata-kata memang penting, namun ada hal lain yang ternyata memberi dampak  yang lebih signifikan dalam keefektifan berkomunikasi. Walau kata-kata disusun sedemikian sama, namun jika cara penyampaiannya berbeda, akan memberikan hasil yang berbeda”,  begitu kata Ikhwan Sopa, pengajar dari lembaga Question dan Answer (QA) Communication dalam acara In House Training (IHT) bertema Effective Communication (Improving Communication Skill in the Workplace) yang difasilitasi  Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) di KPKNL Tangerang, Kamis 17 Desember 2015.

Kepala KPKNL Tangerang Tatang Maulana menyampaikan IHT ini diselenggarakan untuk terus meningkatkan kemampuan dan motivasi seluruh pegawai KPKNL Tangerang dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder melalui kemahiran komunikasi secara efektif. Komunikasi merupakan kunci dalam pelayanan KPKNL. “Saya sangat apresiatif  pada narasumber yang telah menyampaikan mapping tentang kepribadian”. Ada tipe Manusia Kiri Depan, Kanan Depan, Kiri Belakang, dan Kanan Belakang. Pengetahuan tentang cara berkomunikasi  dengan tipe-tipe manusia di atas dapat diterapkan untuk membangun pola komunikasi yang berkualitas dan efektif di antara tipe-tipe manusia yang berbeda, baik itu dengan stakeholder dalam rangka tugas, maupun dengan keluarga, kerabat, atau tetangga misalnya. “Namun demikian, untuk menjadi terampil, tentunya membutuhkan jam terbang. Perlu diasah terus menerus”, tambah Tatang .

Narasumber juga menjelaskan beberapa ciri tipe manusia berdasarkan daftar sifat yang disampaikan kelompok-kelompok pegawai KPKNL Tangerang yang dikategorikan sebagai tipe manusia tertentu. Yang menarik adalah daftar sifat plus dan daftar sifat minus yang dimiliki kelompok ternyata sejalan atau berhubungan erat dengan tipe manusianya. Pengajar dapat menjelaskan hal itu dengan sangat atraktif dan menyenangkan kepada audiens. Selain pegawai, hadir juga seluruh anggota satuan pengamanan dan pramubakti. (Teks/Foto : Arie Susanto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini