Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang Dorong Implementasi SIMAN Satker
N/a
Selasa, 09 Desember 2014   |   992 kali

Tangerang – KPKNL Tangerang menyelenggarakan acara Sosialisasi  Implementasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) bertempat di Ruang Rapat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Tangerang, Jalan TMP Taruna Tangerang pada  8 s.d. 9 Desember 2014. Sosialisasi diikuti ini oleh sebagian besar satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Tangerang.

Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Tangerang N. Eko Laksito. Dalam sambutannya, Ia menyatakan  saat ini pengelolaan kekayaan negara telah memasuki era digitalisasi. Sesuai tema acara "Dengan Aplikasi SIMAN, Mari Kita Wujudkan Pengelolaan Barang Milik Negara Yang Tertib Administrasi, Fisik, dan Hukum",.

Eko Laksito yang didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Yuliati Dwi Pujihastuti mengajak satuan-satuan kerja di lingkungan KPKNL Tangerang untuk mewujudkan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) secara tertib hukum, tertib administrasi dan tertib fisik melalui implementasi aplikasi SIMAN ini. Upaya yang harus dilakukan satuan kerja adalah melakukan input data BMN yang valid dan up to date pada aplikasi ini yang akan digunakan sebagai data awal proses manajemen aset selanjutnya.

Penerapan aplikasi ini merupakan satu langkah baru yang secara signifikan akan memperbaiki pola pengelolaan BMN yang sebelumnya memiliki basis data terpisah atau hanya berada pada pengguna barang dan atau pada pengelola barang saja, kini terintegrasi dalam satu basis data yang dapat diakses secara online dan realtime oleh pihak-pihak lain sesuai dengan kewenangannya. Misalnya oleh aparat pengawas dalam rangka pengawasan dan pengendalian BMN, atau oleh pihak-pihak dalam rangka penganggaran atau pengadaan BMN sehingga memudahkan dan mempercepat penyajian informasi terkait pengelolaan BMN secara efisien, akurat, dan up to date demi kepentingan pengambilan keputusan.

Dengan data digital pada SIMAN, data pengelolaan BMN satker, mulai dari perencanaan, penetapan status penggunaan, pemanfaatan, penghapusan, dapat dimonitor setiap saat secara efisien , hasilnya pun akurat dan up to date.

Eli Fatmawati, staf pada seksi PKN dalam pemaparannya menyampaikan salah satu  tujuan SIMAN adalah untuk melengkapi data BMN secara terintegrasi bersama proses pengelolaannya sehingga proses manajemen asset dapat dilakukan secara terevaluasi dan terarah. SIMAN masih akan berdampingan dengan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi (SIMAK) BMN dalam menyajikan informasi tentang pengelolaan BMN.

“ Untuk dapat melakukan input data, peserta diwajibkan untuk install dan registrasi user SIMAN terlebih dahulu, melakukan uploading data master aset, barulah kemudian dapat menggunakan menu/fitur lainnya. Adapun hingga saat ini, fitur plugin yang sudah bisa digunakan baru sebatas Fitur Upload Master Aset, Fitur Penelusuran Aset, dan Fitur Pengawasan dan Pengendalian," katanya menjelaskan.

Kemudian, “ Begitu upload Master Aset selesai, satker dapat memperbaharui informasi pada fitur master asset, misalnya dengan menambahkan foto fisik BMN, hasil scan dokumen kepemilikan, ataupun dokumen-dokumen pendukung lainnya. Satker juga sudah bisa melakukan perekaman dokumen pengelolaan BMN pada fitur Pengawasan dan Pengendalian BMN berupa penetapan status penggunaan, pemanfaatan, penghapusan, dan atau pemindahtanganan ," ujarnya.

Seluruh satker mengikuti acara sosialisasi ini dengan antusias dan tidak ada satu pun yang mengalami kegagalan dalam instalasi dan registrasi user. Hal ini disebabkan adanya penjelasan yang cukup detail dari narasumber mengenai teknis proses instalasi dan registrasi dibantu oleh  Victorianus Danu Pradono dan . Shanti Dewi Komalasari selaku person in charge  yang menangani dukungan teknis.

Dalam penutupan, Kepala KPKNL Tangerang yang diwakili oleh Kepala Seksi PKN dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi menyampaikan apresiasinya atas kesediaan satker-satker di wilayah kerja KPKNL Tangerang mengikuti acara ini dan berharap aplikasi SIMAN dapat digunakan secara optimal untuk mempermudah proses pengelolaan BMN di lingkungan kerja masing-masing. (Teks : Akhmad Abrori ; Foto : Akhmad Abrori/Lidya Octawidawaty S.)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini