Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bersama - sama, Setiap Orang Mencapai Hasil yang Lebih
N/a
Sabtu, 21 Juni 2014   |   1463 kali

Tangerang – Seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang berkumpul di ruang lelang guna mengikuti acara One Day Session In House Training yang diprakarsai Bagian Kepegawaian Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada 18 Juni 2014.

 Acara ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi diri dan semangat kerja setiap insan KPKNL Tangerang. Kepala KPKNL Tangerang N. Eko Laksito menyampaikan terima kasih atas kehadiran Widyaiswara Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan (Pusdiklat PSDM BPPK) Iin Indrawati dan Kasubbag Manajemen Kinerja dan Mutasi Bagian Kepegawaian DJKN Dwi Wahyudi yang hari itu bertindak selaku narasumber untuk memberikan pembekalan kepada seluruh pegawai. Ia mengharapkan kegiatan ini bisa memberi pengaruh positif atas pola pikir, pola sikap, dan pola tindak pegawai dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada seluruh stake holder.

Kegiatan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama diisi dengan pembekalan manajemen motivasi diri yang disampaikan Widyaiswara PPSDM BPPK Iin Indrawati. Materi awal adalah pentingnya bekerja sama sebagai tim. ‘Tim’ yang dalam bahasa Inggrisnya adalah TEAM berarti “Together Everyone Achieve More” atau dengan bersama-sama, setiap orang mencapai hasil yang lebih. “Kebersamaan adalah permulaan. Menjaganya adalah kemajuan dan bekerja sama adalah keberhasilan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kerja sama dalam kantor harus dibarengi dengan pemahaman atas peran masing-masing pegawai dan hubungan peran itu dengan peran pegawai lain sehingga tidak terjadi tumpang tindih. Toleransi dan keikhlasan untuk membantu kesulitan anggota lain tanpa diminta sangat diperlukan agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan optimal.

Iin memperkenalkan tipe-tipe karakter manusia seperti koleris (pemberani tapi emosi), sanguinis (supel tapi cuek), plegmatis (dapat diandalkan tetapi kurang percaya diri), dan melankolis (detail dan rapi tetapi suka bertele-tele). Pengenalan ini diawali dengan pengisian kuesioner untuk mengetahui tipe karakter dari masing-masing pegawai, kemudian diikuti pemberian tips tentang cara menghadapi orang-orang dengan tipe karakter dimaksud.

Untuk menguji kerjasama tim diimplementasikan dalam permainan/game. Permainan mengangkat tongkat bersama, membentuk lima bujursangkar (broken square), komunikasi/pesan berantai, dan permainan lainnya mengingatkan akan pentingnya komunikasi yang efektif melalui perilaku komunikasi yang tepat (agresif, pasif, assertif), sikap yang baik (respect, empathy, audible, clarity, and humble), penempatan intonasi/nada yang tepat, dan teknik bahasa tubuh (smile, open arms, forward lean, touch, eye contact, and nod).

Bagian kedua kegiatan in house training ini diisi dengan penjelasan Kasubbag Manajemen Kinerja dan Mutasi Kepegawaian Dwi Wahyudi tentang pola penataan pegawai untuk memenuhi kebutuhan dan kemajuan organisasi DJKN. Berdasarkan box penataan pegawai, pada tingkat kompetensi dan kinerja tertentu, mutasi baik secara horisontal, diagonal maupun vertikal, training or coaching for performance, counseling, special assignment,  job enlargement/enrichment, dan treatment lainnya merupakan suatu keniscayaan yang harus ditempuh pegawai. Assestment diperlukan untuk mengetahui informasi tentang tingkat kompetensi dan kinerja pegawai sehingga dapat ditetapkan treatment akurat  yang dibutuhkan pegawai pada tingkat kompetensi dan kinerja dimaksud.

Mutasi pegawai juga suatu keniscayaan jika dikaitkan antara kebutuhan organisasi dengan ketersediaan SDM di suatu tempat. “Untuk itu, saat ini sedang dilakukan pengujian-pengujian dalam rangka menetapkan pola mutasi pegawai yang tepat guna dan berdaya guna di mana pola mutasi ini akan dituangkan dalam Peraturan Dirjen tentang Pola Mutasi Pegawai di Lingkungan DJKN,” kata Dwi.

Seluruh rangkaian acara ditutup oleh Kepala KPKNL Tangerang pada pukul 16.50 WIB disertai harapan agar kegiatan ini memberikan manfaat yang positif bagi seluruh pegawai KPKNL Tangerang. Kepala KPKNL Tangerang mengaku sangat senang dengan adanya acara yang ditujukan untuk seluruh pegawai ini karena memang acara serupa sangat jarang dilakukan. Karena itu, ia mengharapkan acara ini dapat dilakukan secara rutin di KPKNL Tangerang. (oleh: Akhmad Abrori/edited/bas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini