Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
BMN Award 2021 Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Pengelolaan BMN yang Optimal dan Berkualitas
Evi Rahmawati
Rabu, 02 Februari 2022   |   211 kali

BMN Award 2021, Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Pengelolaan BMN yang Optimal dan Berkualitas”

 Tangerang, 31 Januari 2022. Sobat Tekad, Ibu Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam suatu kesempatan pernah menyampaikan bahwa "Perlakuan suatu bangsa dan negara di dalam mengelola asetnya menunjukan sikap karakter bangsa itu dan peradabannya”.  Nah, KPKNL Tangerang I menggelar Talk Show bertajuk " Sosialisasi KMK 213/KM.6/2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemanfaatan BMN " yang dibawakan langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Banten Bapak Wahyudi. Peserta yang hadir terlihat begitu antusias mengikuti talk show. Beberapa pertanyaan diajukan oleh satuan kerja dan pengguna layanan KPKNL Tangerang I, yaitu dari UIN Syarif HIdayatullah Jakarta, Balai Teknik Penerbangan dan Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang. Acara yang juga menjadi ajang pemberian Apresiasi Pengguna Layanan KPKNL Tangerang I Tahun 2021 atau BMN Awards 2021  dengan tema ” Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Pengelolaan BMN yang Optimal dan Berkualitas” diharapkan mampu membuka wawasan kita terkait dengan pentingnya kolaborasi antara pengelola barang, pengguna barang dalam pengelolaan aset negara.

Kerja sama, dukungan dan partisipasi seluruh Pengguna Layanan KPKNL Tangerang I dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta kinerja KPKNL Tangerang I selama tahun 2021 membuktikan bahwa ditengah situasi yang cukup berat karena harus berjuang bersama untuk bangkit dari kondisi covid-19 yang cukup memukul kita  di tahun sebelumnya, KPKNL Tangerang I dan pengguna layanan terus berupaya memaksimalkan potensi dan kesungguhan dalam pengelolaan barang milik negara. Situasi ini sekaligus memberikan tantangan yang membuat kita untuk terus dinamis mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang makin pesat serta menghadapi pergeseran pola komunikasi layanan.

Adaptasi kebiasaan baru, mengharuskan kita harus berkolaborasi lebih baik untuk mewujudkan hasil yang terbaik. "Mengoptimalkan pengelolaan barang milik negara atau sering disebut aset negara sekaligus sebagai upaya kita bersama untuk terus membangun karakter bangsa Indonesia dan perdaban bangsa Indonesia', tegas Kepala Kantor Wilayah DJKN, Nuning Sri Rejeki Wulandari.

 Selanjutnya sebagai wujud terima kasih dan apresiasi kepada para pengguna layanan atas capaian kinerja, kontribusi dan sinergi yang telah terjalin khususnya pada tahun 2021, KPKNL Tangerang I menganugerahkan penghargaan kepada pengguna layanan dan mitra kerja KPKNL Tangerang I. Adapun penganugerahan Apresiasi Pengguna Layanan KPKNL Tangerang I Tahun 2021 atau BMN Awards 2021 diberikan pada 7 (tujuh) Kategori, antara lain:

1.  Kategori Penghargaan Kolaborasi Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2021, diberikan atas Kolaborasi Percepatan Sertipikasi BMN berupa Tanah Tahun 2021 yang merupakan salah satu proyek strategis nasional;

2.   Kategori Penghargaan Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2021, diberikan atas pencapaian satuan kerja dalam pelaksanaan program percepatan sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2021;

3.    Kategori Penghargaan Tertib Penatausahaan BMN, diberikan atas pencapaian dalam pelaksanaan tertib administrasi Penatausahaan BMN Tahun 2021;

4.    Kategori Penghargaan Kontribusi PNBP Pemanfaatan BMN, diberikan atas pencapaian dalam Kontribusi PNBP Pemanfaatan BMN terbaik selama Tahun 2021;

5.    Kategori Penghargaan Tertib Penggunaan BMN, diberikan atas kerja sama dalam tertib pelaksanaan tertib Penggunaan BMN Tahun 2021;

6.    Kategori Realisasi Nilai Pokok Lelang BMN, diberikan atas kontribusi dalam realisasi nilai pokok lelang BMN; dan

7.    Kategori Kontribusi Nilai Pokok Lelang Perbankan, diberikan atas kontribusi dalam realisasi nilai pokok lelang perbankan.

Kolaborasi Percepatan Sertipikasi BMN berupa Tanah Tahun 2021 yang merupakan salah satu proyek strategis nasional kepada kantor pertanahan serta Penghargaan Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2021 diberikan kepada  satuan kerja dalam pelaksanaan program percepatan sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2021, karena dengan sertipikasi  tanah BMN ini maka tertib secara fisik, administrasi dan hukum atas aset tanah BMN khususnya di wilayah Tangerang Raya dapat berlangsung dengan baik. Tahun 2022 ini, dimana menjadi tahun terakhir pelaksanaan program nasional percepatan sertipikasi BMN yang artinya menjadi puncak kolaborasi dan sinergi yang semakin baik antara KPKNL, Kantor Pertanahan dan juga satuan kerja sehingga target sertipikasi tanah BMN dapat dicapai dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

 Sementara Kategori Penghargaan Kontribusi PNBP Pemanfaatan BMN, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. target PNBP Pengelolaan BMN di tahun 2021 sebesar Rp. 5.263.200.000,- dapat tercapai sebesar Rp. 16.475.651.885,- atau dengan capaian kinerja sebesar 313,03% sungguh nilai yang cukup fantastis. KPKNL  Tangerang I sangat mengapresiasi satuan kerja yang telah bekerja keras dalam melihat potensi pemanfaatan BMN.

KPKNL Tangerang I selaku Pengelola Barang dan satuan kerja selaku Pengguna Barang atau Kuasa Pengguna Barang perlu memiliki kesadaran yang tinggi dalam mengelola barang milik negara. Tidak hanya harus tertib secara fisik, administrasi dan hukum, tetapi juga tentang apakah telah digunakan dengan optimal, apakah termasuk aset idle, ataupun sudah perlu dilakukan pemanfaatan. Kita juga harus jeli melihat umur manfaat barang milik negara, kapan dia berusia produktif dan kapan sudah perlu dihapuskan.

Acara berlangsung lancar, seru dan penuh semangat, semua berangkat dari kesadaran bahwa mengelola barang milik negara tidak sekedar meluangkan waktu semata, tetapi lebih dari itu membutuhkan kerja sama interpersonal yang nyata.BMN Award merupakan sarana dan bentuk apreasiasi atas kerja keras satuan kerja dalam pengelolaan BMN. BMN Award sekaligus sebagai triger untuk satuan kerja berupaya memberikan performa yang lebih baik sekarang dan di masa yang akan datang. BMN Award tidak sekedar penghargaan, ia juga semakin memantapkan kepercayaan. Kepercayaan kepada publik, bahwa asset negara merupakan tanggung jawab bersama dan perlu pengelolaan yang serius.

Kolaborasi yang senantiasa mengedepankan sinergi yang apik untuk pengelolaan BMN lebih baik. Kolaborasi yang disandarkan dengan dengan tepat, tertata dan responsive akan menghasilkan pengelolaan BMN yang Optimal dan Berkualitas.Tetap Semangat untuk Seluruh Pengguna Layanan KPKNL Tangerang I. Sebagai bagian dalam mendukung Indonesia sebagai Presidensi G20 Tahun 2022, dengan tema Recover Together, Recover Stronger, Marilah kita bersatu menumbuhkan semangat kebersamaan membangun pemikiran terbuka, memiliki ketahanan, dan mampu berpikir kreatif untuk terus menebar manfaat dan cerdas mengelola perubahan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini