Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Keselarasan Dan Keseimbangan Yang Lebih Baik
Syam Anugrah
Rabu, 15 Desember 2021   |   1845 kali

Tangerang – Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Capaian Kinerja Lelang Perbankan khususnya PT. Bank BRI (Persero) Tbk digelar melalui Aplikasi Zoom pada Rabu tanggal 15 Desember 2021 yang dihadiri oleh jajaran KPKNL Tangerang I dan PT. Bank BRI (Persero) Kanwil DKI Jakarta I, Kanwil Jakarta II dan Kanwil Jakarta III.

 

Kegiatan diawali dengan pendahuluan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Ujang Ramli Indradi yang menyampaikan kendala-kendala di KPKNL Tangerang I saat ini yang mempengaruhi pelayanannya, sehingga sangat terbuka dengan kritik ataupun saran untuk dapat didiskusikan bersama-sama dalam forum ini.

 

Lebih lanjut beliau memaparkan dalam kesempatan tersebut terkait Laporan Realisasi Pelaksanaan Lelang Hak Tanggungan Atas Permohonan Perbankan periode Januari sampai dengan November Tahun 2021 dimana total pokok lelang dari PT. BRI (Persero) sebesar Rp 45.808.794.235 dengan bea lelang Rp 1.831.331.547, sedangkan jumlah lelang laku sebanyak 52 dimana TAP (Tidak Ada Peminat) sebanyak 122 ditambah informasi yang sama dari 10 (sepuluh) Kantor Cabang.

 

Acara kemudian diisi dengan diskusi yang sangat interaktif berkaitan tentang permasalahan teknis di lapangan, peraturan dan ketentuan yang berlaku, bagaimana meningkatkan koordinasi yang lebih intens, perlunya rekonsiliasi data, pemetaan atas lelang yang menjadi prioritas serta seputar rencana permohonan yang semakin tinggi pada tahun berikutnya baik diutarakan oleh Kantor Regional sendiri maupun dari Kantor Cabang yang hadir pada kesempatan itu.

 

Kepala Seksi Pelayanan Lelang dalam tanggapannya memberikan upaya terbaik sebagai solusi selanjutnya, namun terdapat catatan penting dari KPKNL Tangerang I dimana saat ini hanya memiliki 2 (dua) Pelelang disebabkan belum mendapatkan pengganti atas satu Pelelang yang promosi sebelumnya. Dengan demikian, diharapkan penambahan Pelelang dari Kantor Pusat akan segera terealisasi di tahun depan.

 

Di penghujung acara, Ririen Fransiska selaku Kepala KPKNL Tangerang I memberikan closing statement yang mengapresiasi peran aktif dari peserta yang turut bergabung dalam acara Focus Group Discussion (FGD) pada hari ini dengan menyampaikan beberapa point yang perlu diperhatikan, diantaranya :

1.    agar tetap melakukan upaya penagihan secara optimal;

2.    senantiasa melakukan verifikasi dan mitigasi untuk mengurangi permasalahan hukum;

3.    untuk melakukan pemasaran terbaik agar mendapatkan pembeli atau investor; dan

4.    dalam penetapan nilai limit diupayakan minimal sama dengan nilai likuidasi atau paling tinggi sama dengan nilai pasar.

Menghadapi tantangan output, outcome, dan pencapaian target baik dari pihak PT. BRI (Persero) maupun dari KPKNL Tangerang I menjadi remind tersendiri, sehingga diharapkan keselarasan dan keseimbangan yang lebih baik kedepannya, demikian ucap Beliau mengakhiri forum dimaksud.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini