KPKNL Tangerang I
Berita DJKN

Semua Bisa Jaga Aset Negara

Jum'at, 13 Maret 2020   |   67 kali

Tangerang - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I kembali menggelar acara “KPKNL Tangerang I Goes to School”. Acara diselenggarakan pada Kamis (12/03/2020) dimulai pada pukul 09.00 WIB di Aula Hijau SMAN 2 Tangerang dan diikuti oleh siswa perwakilan kelas X, XI dan XII. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pengenalan dan edukasi sejak dini kepada generasi muda sekaligus memberikan inspirasi kepada siswa siswi calon penerus bangsa tentang tugas dan fungsi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I sebagai kantor vertikal di bawah Kementerian Keuangan.

 

Diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Seksi Piutang Negara, Mukimin, dengan penuh harapan acara dapat memberikan manfaat dan berjalan lancar. Acara diikuti dengan menyanyikan lagu ‘”Bagimu Negeri”. Wakil Kepala Sekolah SMAN 2 Tangerang, Noni Raden, S.Si. selaku perwakilan dari pihak SMAN 2 Tangerang menyampaikan rasa terima kasih kepada tim KPKNL Tangerang I karena telah memilih SMAN 2 Tangerang sebagai lokasi acara “KPKNL Tangerang I Goes to School”.

“Saya berharap setelah kegiatan ini, kami semakin paham mengenai KPKNL Tangerang I. Karena selama ini kami hanya lewat dan lihat Gedung KPKNL Tangerang I, namun belum paham apa tugasnya. Dan saya juga berharap kepada seluruh siswa untuk mendengarkan dan memperhatikan pemaparan materi yang akan disampaikan serta aktif dalam mengikuti kegiatan supaya bisa menambah pengetahuan, bermanfaat di masa mendatang”, ujar Noni.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti. Dalam sambutannya, Mas Agus Subakti memberikan gambaran umum terkait KPKNL Tangerang I. Selain itu, dijelaskan juga bahwa KPKNL Tangerang I adalah kantor vertikal di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pelayanan lelang,  pelayanan penilaian, pelayanan pengelolaan kekayaan negara dan  pengurusan piutang negara. Mas Agus Subakti juga menyampaikan agar generasi muda sebagai generasi penerus supaya ikut aktif menjaga aset negara.

Para siswa tampak serius dan antusias mendengarkan dan mengikuti pemaparan materi mengenai peran DJKN dalam mengelola kekayaan negara, piutang negara, dan lelang. Suasana semakin hidup dengan adanya sesi tanya jawab berhadiah yang diberikan oleh para narasumber dan pembawa acara, Nova dan Andri. Terlihat cukup besar rasa keingintahuan para siswa terhadap tugas dan fungsi Kementerian Keuangan, khususnya pada DJKN cq. KPKNL Tangerang I. Keingintahuan para siswa cukup tinggi terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan yang dijawab langsung oleh para Kepala Seksi KPKNL Tangerang I yang berkompeten di bidangnya. 

Acara yang bertajuk “Semua Bisa Jaga Aset Negara” ini dikemas dalam suasana santai dan kekinian. Hal ini dengan tujuan agar para peserta yang merupakan generasi milenial itu dapat mengikuti acara dengan penuh semangat dan mudah memahami materi yang disampaikan. Pemaparan materi disampaikan dengan pemutaran video edukasi (viksi) tugas dan fungsi DJKN yang meliputi materi tentang pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, pelayanan lelang yang didukung oleh fungsi penilaian.

Sesi berikutnya adalah “älumni session” yang dibawakan oleh Syam Anugrah dan Faisal Perdana. Keduanya adalah pegawai KPKNL Tangerang yang merupakan alumni SMAN 2 Tangerang.  

Untuk lebih menghidupkan acara pada hari itu, diselingi dengan icebreaking yang dipandu oleh Alief Sukma Abi. Para peserta dilibatkan dalam game edukasi Kahoot yang berisi mengenai pengetahuan umum.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama diperkenalkan pula salah satu tugas utama KPKNL, yakni pelayanan lelang melalui acara simulasi lelang yang dikemas secara khusus oleh Fachreisa, selaku Pejabat Lelang pada KPKNL Tangerang I, untuk memberikan pemahaman siswa mengenai penjualan secara lelang. Simulasi yang menjadikan beberapa unit barang kekinian sukses menarik antusias dan rasa ingin tahu seluruh siswa yang disimulasikan menjadi peserta lelang. Satu persatu barang ditawarkan pejabat lelang, dan seluruh siswa berusaha menawar dengan harga setinggi-tingginya sampai harga lelang terbentuk dan ditunjuk pemenangnya. Para siswa yang ditunjuk sebagai pemenang lelang, sempat terlihat ragu dan panik ketika Pejabat Lelang meminta untuk menyiapkan pelunasan harga barang yang dilelang.

Setelah proses simulasi lelang, tak lupa Kepala KPKNL Tangerang I memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti acara dengan tertib dan aktif. Pada kesempatan tersebut, Mas Agus Subakti juga menyampaikan bahwa sebagai bentuk apresiasi, para peserta yang telah mengikuti proses simulasi lelang dan ditunjuk sebagai pemenang lelang dapat membawa pulang barang-barang tersebut secara gratis. Para siswa yang menjadi pemenang simulasi lelang sontak bersorak gembira diikuti sorak-sorai siswa lainnya yang tampak menyesal karena tidak turut melakukan penawaran.

Di akhir acara, diberikan sebuah plakat kepada pihak sekolah, yang disampaikan langsung oleh Kepala KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti  dan diterima oleh Wakil Kepala SMAN 2 Tangerang, Noni Raden. Acara ditutup dengan foto bersama.

Teks/foto : Tim Humas KPKNL Tangerang I

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (T.M.P.) Taruna - Kota Tangerang 15111
(021) 55794272
(021) 55794017
kpknltangerang1@kemenkeu.go.id