Tangerang – Senin 1 Juli
2019, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I mendapat
kunjungan dari Tim Penilai Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) dari Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan. Kegiatan penilaian ini
merupakan implementasi menuju tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan
peningkatan kualitas layanan DJKN, karena pada tahun 2019 ini KPKNL Tangerang I
menjadi salah satu peserta dalam lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Kementerian
Keuangan.
Pada
sesi presentasi yang dilakukan di ruang rapat, Kepala KPKNL Tangerang I Mas
Agus Subakti memaparkan visi dan misi KPKNL Tangerang I yang sejalan dengan
visi dan misi DJKN. Dengan berpedoman kepada visi dan misi tersebut KPKNL
Tangerang I senantiasa memberikan pelayanan optimal kepada stakeholder dengan didukung
oleh motto “TEKAD” (Transparan, Efektif &
Efisien, Koordinatif, Akuntabel dan Dinamis). Selain itu, untuk mempermudah stakeholder dalam memperoleh informasi,
KPKNL Tangerang I telah menyiapkan aplikasi SIAP (Sistem Informasi dan Antrian
Prioritas) yang berbasis Whatsapp Bisnis. Aplikasi ini dapat memberikan
infomasi seputar layanan yang ada di KPKNL Tangerang I, baik itu Layanan
Lelang, Pengurusan Piutang Negara, Layanan Penilaian dan Pengelolaan Kekayaan
Negara. Tidak hanya informasi, SIAP juga memfasilitasi stakeholder untuk
mendapatkan antrian secara online sehingga para stakeholder bisa meminimalisir lamanya waktu antrian karena dapat
memperkirakan jam kedatangan untuk mendapatkan layanan. Aplikasi SIAP juga
sejalan dengan program PUG karena aplikasi ini membagi 2 (dua) jenis antrian
yaitu untuk antrian umum dan antrian prioritas, dimana antrian telah memperhatikan kebutuhan khusus pengguna layanan terkait usia, jarak tempuh dan adanya kebutuhan khusus (Ibu hamil, Ibu menyusui, dan Difabel) . Aplikasi SIAP juga dilengkapi dengan Layanan Permohonan, Layanan Konsultasi dan Layanan Pengaduan.
Setelah
sesi presentasi selesai, selanjutnya dari tim penilai Setjen melakukan
pemaparan terkait penilaian Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Kementerian Keuangan, pada sesi ini juga dilakukan tanya jawab antara
tim penilai dengan Kepala KPKNL Tangerang I beserta jajarannya. Acara
dilanjutkan dengan berkeliling kantor untuk melihat sarana dan prasarana yang
ada di KPKNL Tangerang I dan terakhir tim penilai melakukan observasi langsung
dengan memberikan kuisioner kepada stakeholder
yang pada hari itu berada di Area Pelayanan Terpadu (APT)
KPKNL Tangerang I.
Dengan
semangat “TEKAD” KPKNL Tangerang I siap memberikan layanan terbaik.
Teks/foto : Tim Humas KPKNL Tangerang I (*)