Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Laksanakan Lelang Ekspo, Hasilnya Memuaskan
Apit Rina Wahidah
Senin, 05 Maret 2018   |   528 kali

Tangerang - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I dan KPKNL Tangerang II bersinergi menyemarakkan 110 tahun Lelang Indonesia dengan menyelenggarakan lelang expo pada 27 dan 28 Februari 2018.

Pelaksanaan Lelang dilaksanakan pada dua tempat yang berbeda yaitu pada 27 februari 2018 di Summarecon Mall Serpong dan pada 28 Februari 2018 dilaksanakan di BSD Junction Mall. Pada Selasa, 27 Februari 2018, KPKNL Tangerang  I sukses melaksanakan lelang barang rampasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebanyak 4 lot yang diikuti 58 peserta, di Summarecon Mall, Serpong, Tangerang Selatan.

Dari 4 lot yang ditawarkan, semua laku melebihi nilai limit yang telah ditetapkan dengan total mencapai Rp1,86 M. Harga yang terbentuk tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan dari limit yang ditetapkan oleh penjual. Pada saat pelaksanaan aanwijzing animo masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti lelang ini. Dari 4 lot yang ditawarkan, masing-masing lot memiliki peminatnya sendiri. Peminat paling banyak ada pada lot 3 berupa mobil Toyota Vellfire 2.4 Z A/T warna hitam tahun 2010 diminati oleh 33 calon peserta lelang.

Penjualan lelang barang hasil rampasan KPK yang dipimpin Pejabat Lelang, Widargo ini dilaksanakan melalui e-auction dengan cara open bidding dan dilaksanakan mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB. Lelang ini disambut dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Sementara itu, pelaksanaan lelang hari kedua pada Rabu 28 Februari 2018, dilaksanakan di BSD Junction Mall, diawali dengan sambutan Kepala KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti kemudian dilanjutkan Kepala Kanwil DJKN Banten, Tedy syandriadi yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan lelang.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan para pemohon lelang serta PT BISMA selaku pihak yang memberikan fasilitas tempat pelaksanaan lelang. Di awali dengan lelang sukarela berupa 2 ekor ayam hias cemani oleh Ferry Hidayat, Pejabat Lelang KPKNL Tangerang II yang dilanjutkan dengan lelang yang berasal dari pemohon lelang, PDAM Tirta Kerta Raharja Tangerang sebanyak 34 lot berupa kendaraan roda empat dan roda dua, PT Angkasa Pura II sebanyak 2 lot yang terdiri dari 8 unit kendaraan roda empat, Lelang Eksekusi Hak Tanggungan milik PT BRI (Persero) Tangerang dan Lelang Eksekusi Hak Tangggungan milik PT BNI (Persero) Tangerang.

Pada lelang di hari kedua ini, KPKNL Tangerang I juga terbilang sukses. Dari  38 lot yang ditawarkan, sebanyak 34 lot laku terjual. Harga yang terwujud melampaui harga limit dan mengalami kenaikan yang signifikan. Pelaksanaan lelang expo yang dilaksanakan secara marathon selama 2 hari berturut-turut ini juga sempat diliput beberapa stasiun televisi nasional. Pelaksanaan lelang dipimpin secara bergantian oleh Akhmad Abrori, Widargo, Ismaruddin yang merupakan para Pejabat Lelang handal pada KPKNL Tangerang I ini telah sukses dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan.

Semoga di kesempatan mendatang, trend lelang ini lebih baik lagi dan terpilih sebagai sarana jual beli yang makin diminati karena selain tertib, menghemat waktu dan biaya,  hasil lelang yang diperoleh pun cukup optimal sehingga menguntungkan bagi Negara. (Teks /Foto : Tim HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini