KPKNL Tangerang
e-Auction DJKN
Info Lelang
Profil KPKNL Tangerang
                 
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I (dahulu KPKNL Tangerang) berdiri berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). KPKNL Tangerang mulai beroperasi pada bulan Februari 2007, di mana sejak awal beroperasi hingga 1 Juli 2014, KPKNL Tangerang berkantor di komplek pertokoan Daan Mogot Permai (Arcadia), Jalan Daan Mogot Km 21,5 Batu Ceper Tangerang. Kini, KPKNL Tangerang menempati gedung sendiri berstatus Barang Milik Negara (BMN) yang beralamat di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna, Kota Tangerang.


 

                                                                                 

  

Sesuai PMK Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), KPKNL Tangerang I mempunyai wilayah kerja meliputi Kota Tangerang yang terdiri dari 13 kecamatan yaitu: Jatiuwung, Periuk, Cibodas, Karawaci, Neglasari, Benda, Batuceper, Tangerang, Pinang, Cipondoh, Karang Tengah, Ciledug, dan Larangan.

Meski mempunyai wilayah kerja yang tidak terlalu besar, potensi penerimaan negara melalui pelayanan di bidang pengurusan piutang negara dan lelang cukup menjanjikan.  Hal ini disebabkan KPKNL Tangerang I berada di wilayah pintu masuk utama lalu lintas manusia dan perdagangan barang serta jasa baik domestik maupun mancanegara sehingga tingkat perkembangan ekonomi dan properti di wilayah ini cukup tinggi. Kota Tangerang juga merupakan wilayah sentra industri yang masih terus berkembang dan merupakan daerah penyangga Jakarta yang memiliki potensi penerimaan negara yang sangat besar untuk dikelola.

Dalam memberikan pelayanannya, KPKNL Tangerang I memiliki moto yaitu “TEKAD” untuk menjadi yang terbaik. Kata ini mempunyai makna kemauan/kehendak yang pasti, kebulatan hati dan iktikad. Berawal dari TEKAD, kemauan, dan kebulatan hati yang dimiliki oleh seluruh jajaran, KPKNL Tangerang I berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

TEKAD dapat diuraikan menjadi sifat dan tindakan nyata yang ditempuh oleh KPKNL Tangerang I dalam mencapai tujuan organisasi, yaitu: Transparan dalam memberikan pelayanan kepada para pemangku kepentingan, Efektif dalam melaksanakan tugas, Kerjasama yang baik di antara seluruh staf dan pimpinan KPKNL Tangerang I, Akuntabel hasil kerjanya, serta Dinamis dalam bekerja, untuk selalu tanggap terhadap segala perubahan dan perkembangan yang terjadi.


       


Sejak Agustus 2017 hingga saat ini, Kepala KPKNL Tangerang I dijabat oleh Mas Agus Subakti. Sebelumnya pada periode April 2015 s.d. 2017 dijabat oleh Tatang Maulana, periode 2007 s.d. 2008 dijabat oleh Pudji Purnama, periode 2008 s.d. 2009 Asep Suryadi, periode 2009 s.d. 2012 Sigit Setiawan, dan periode 2013 s.d. Maret 2015 dijabat oleh N. Eko Laksito. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Kantor dibantu oleh Kepala Sub Bagian dan enam Kepala Seksi, serta kelompok Jabatan Fungsional dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Tangerang I yang saat ini dijabat oleh Dadi Rasidi melakukan tugas terkait urusan kepegawaian, keuangan, tata usaha dan rumah tangga. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara yaitu Agus Salim memiliki tugas melakukan penyiapan bahan pemeriksaan dokumen, pengadaan, pengamanan, pengelolaan, pemanfaatan, status penguasaan, analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan, penatausahaan dan penyusunan daftar kekayaan Negara.

Penyusunan konsep standar proses penilaian yang meliputi identifikasi permasalahan, survei pendahuluan, pengumpulan dan analisa data, penerapan metode penilaian, rekonsiliasi nilai serta kesimpulan nilai dan laporan penilaian untuk kepentingan penilaian kekayaan negara, sumber daya alam, real properti, properti khusus dan usaha serta penilaian atas permintaan Badan Hukum Pemerintah dan penilaian terhadap obyek-obyek penilaian yang diamanatkan oleh Undang-Undang atau Peraturan Pemerintah, merupakan tugas seksi Pelayanan Penilaian yang digawangi Risma Sinaga selaku Kepala Seksi beserta 2 orang stafnya.

Seksi Piutang Negara telah berhasil menyelesaikan kewajiban pengembalian BKPN sebelum jangka waktu yang ditetapkan yaitu sebelum Semester I Tahun 2014. Saat ini, seksi Piutang Negara dikepalai oleh Mukimin masih memiliki tugas melakukan pengurusan piutang negara yang berasal dari penyerahan DJKN yaitu yang terkait dengan debitur BDL dan BPPN serta penyerahan piutang yang berasal dari BPJS dan instansi pemerintah.

Melakukan verifikasi risalah lelang, pembukuan dan pelaporan hasil lelang, pembuatan grosse Risalah Lelang, penggalian potensi lelang, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku merupakan tugas Akhmad Abrori selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang beserta 4 orang stafnya.

Seksi Hukum dan Informasi memiliki tugas menyiapkan konsep standar registrasi dan penatausahaan berkas kasus piutang negara, pencatatan surat permohonan lelang, penyajian informasi, pemberian pertimbangan dan bantuan hukum kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang negara dan lelang, serta verifikasi penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang. Dalam melaksanakan tugasnya, Rahmat selaku Kepala Seksi dibantu oleh 3 orang staf dan 1 orang bendahara penerimaan.

Seksi Kepatuhan Internal memiliki fungsi melakukan pengendalian internal untuk memastikan agar segala kegiatan operasional kantor dapat terselesaikan sesuai dengan norma waktu dan ketentuan yang berlaku. Dalam hal pelaksanaan tugasnya, Nenden Maya Rosmala Dewi selaku Kepala Seksi dibantu oleh dua orang staf.

                                                                                                                                   

Pada tahun 2017 KPKNL Tangerang I memiliki 31 orang staf/pelaksana yang siap  melaksanakan tugas operasional maupun tugas-tugas lainnya yang mendukung pelaksanaan tugas operasional. Dari 27 pegawai tersebut terdapat tiga orang pegawai yang mengemban jabatan fungsional sebagai jurusita aktif, empat orang pegawai sebagai Pejabat Lelang, tujuh orang pegawai sebagai penilai, tiga pegawai sebagai pemeriksa, dan dua orang pegawai sebagai pejabat pengadaan. Sumber daya manusia yang didominasi jiwa-jiwa muda bersemangat tinggi dan pantang menyerah ini merupakan aset tak ternilai bagi KPKNL Tangerang I dalam mewujudkan tujuan yang diamanahkan.

Kemampuan akademis sumber daya manusia KPKNL Tangerang I cukup beragam. Hal ini dapat dilihat dari komposisi latar belakang pendidikan pegawai sebagai berikut: pegawai berlatar belakang pendidikan SLTA/D1 sebanyak7 orang, D3 sebanyak 8 orang, S1/D4 sebanyak 16 orang, dan S2 sebanyak 2 orang.

Sekalipun berlatar pendidikan berbeda, melalui komunikasi yang efektif, koordinasi yang dinamis, dan kerja sama yang bersinergi di antara seluruh pegawai KPKNL Tangerang I, segala jenis pekerjaan dari yang teringan hingga yang terberat sekalipun dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Prestasi capaian kinerja KPKNL Tangerang I tidak pernah mengecewakan. Sebagai contoh pada tahun 2015, hampir seluruh target pada KPKNL Tangerang I tercapai dan terealisasi 100%. Bahkan pencapaian Piutang Negara yang Dapat Diselesaikan dan biaya administrasinya (BIAD) bisa mencapai target lebih dari 200%. Berdasarkan data Capaian Kinerja pada Laporan Bulan Agustus 2015, sebagian besar target yang ditetapkan telah tercapai bahkan melampaui angka 100%.

Sarana dan prasarana yang dimiliki KPKNL Tangerang I merupakan modal pokok dalam mewujudkan visi dan misi instansi. Ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai akan mendukung KPKNL Tangerang I untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para stakeholders.

Sungguh merupakan anugerahdan kebanggaan yang luar biasa di mana sejak 1 Juli 2014, KPKNL Tangerang I dahulu KPKNL Tangerang dapat menempati gedung kantor baru. Sejak menempati gedung baru, KPKNL Tangerang I pun dapat dengan leluasa meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para stakeholders. Terdapat Area Pelayanan Terpadu yang digunakan para pegawai KPKNL Tangerang I untuk memberikan pelayanan bantuan dan informasi kepada setiap tamu yang datang, di samping fasilitas pendukung lainnya seperti ruang lelang yang memadai, ruang tunggu yang sejuk dan nyaman, toilet yang bersih, ruang menyusui (nursery), musholla, dan tempat parkir yang luas.

Selain itu, suasana ruang kerja pegawai tertata rapi, apik, dan asri membuat semua pegawai semakin rajin bekerja. Tidak jarang beberapa stakeholders memberikan pujian kepada KPKNL Tangerang I karena kualitas pelayanan yang memuaskan dan suasana kantor yang menyenangkan ketika mereka berkunjung.

Menyongsong era transformasi kelembagaan diiringi harapan semakin luas dan berkembangnya lingkup kewenangan DJKN di masa datang, KPKNL Tangerang I semakin siap berdiri paling depan sebagai ujung tombak dalam mengemban tugas yang diamanahkan kepadanya demi terwujudnya visi DJKN sebagai pengelola aset negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.


                              

Bravo DJKN! Bravo KPKNL Tangerang I!


Wilayah Kerja
Kota Tangerang
Peta Lokasi KPKNL Tangerang
Alamat Kantor
Jalan Taman Makam Pahlawan (T.M.P.) Taruna - Kota Tangerang 15111
(021) 55794272
(021) 55794017
kpknl.tangerang@kemenkeu.go.id