Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menyapa Pengguna Jasa Melalui Gerai Layanan Virtual
Wisnu Herjuna
Kamis, 12 November 2020   |   238 kali

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada umumnya dan KPKNL Surakarta pada khususnya terus memberikan sinyal kepada masyarakat bahwa peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa merupakan prioritas utama.  Hal ini dapat terlihat dari beberapa pilihan acara yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan kegiatan Gebyar Daring 14 Tahun Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang, salah satunya adalah Gerai Layanan Virtual, sebuah platform baru pelayanan kepada pengguna jasa dengan memanfaatkan sarana teknologi dan informasi. Penyelenggaraan Gerai Layanan Virtual ini diselenggarakan serentak pada seluruh KPKNL pada hari Kamis, 12 November 2020 mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.  

Bertemu tatap muka kemudian berkonsultasi terkait permasalahan pekerjaan dianggap masih menjadi bentuk pelayanan yang efektif. namun seperti sudah kita ketahui bersama, pandemi Covid-19 ini membuat semua hal harus berubah. Bertatap muka dengan banyak orang bukan pilihan bijak lagi di masa seperti ini. Maka dari itu Gerai Layanan Virtual hadir untuk menjawab tantangan tersebut. Dengan tatap muka secara online seperti ini, KPKNL Surakarta ingin pengguna jasa selalu mendapatkan informasi terbaru terkait kebijakan pengelolaan BMN, Lelang, Piutang Negara maupun Penilaian. Selain itu KPKNL Surakarta juga ingin menjaring sebanyak-banyaknya permasalahan yang muncul di lapangan sehingga dapat memotret sampai mana kebijakan institusi dapat dieksekusi di tahap pelaksanaan/level operasional.

Dengan menggunakan aplikasi meeting online, Gerai Layanan Virtual kali ini mengambil tema tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara. Tema ini diambil karena terdapat kebijakan terbaru dari Menteri Keuangan terkait relaksasi pemanfaatan BMN pada masa pandemi. Informasi ini dirasa sangat penting untuk dapat segera diakses pengguna jasa maupun masyarakat luas agar dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Joko Setiyono, dalam paparannya menyatakan bahwa akan ada penyesuaian dalam tarif sewa yang diusulkan oleh pengguna jasa. Penyesuaian ini tentunya sangat berpihak pada masyarakat, yakni akan ada keringanan besaran dan teknis pembayaran sewa.  Hal ini diharapkan dapat mengurangi beban-beban yang ditanggung penyewa sekaligus dapat menggerakkan roda ekonomi kembali seperti sebelum pandemi.

Total ada sekitar 10 satuan kerja yang di undang dalam acara Gerai Layanan Virtual ini. satuan kerja tersebut  adalah satuan kerja yang dalam beberapa tahun terakhir ini telah mengajukan rekomendasi pemanfaatan dalam bentuk sewa kepada KPKNL Surakarta. Kesempatan ini juga menjadi sarana monitoring dan review atas persetujuan sewa yang telah diberikan KPKNL Surakarta. Satuan kerja tersebut diminta untuk memberikan gambaran tindak lanjut rekomendasi sewa yang telah ditetapkan, baik penandatanganan kontrak sampai dengan penyetoran sewa ke kas negara. Semua satuan kerja melaporkan tidak ada permasalahan berarti dalam menindaklanjuti persetujuan sewa dari KPKNL Surakarta, semua sudah diselesaikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta, Mahmudsyah menyempatkan diri untuk hadir pada Gerai Layanan Virtual KPKNL Surakarta, sekaligus menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada para pengguna jasa yang telah turut serta menyukseskan kegiatan Gerai Layanan Virtual DJKN. Selain Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, hadir pula pada Gerai Layanan Virtual KPKNL Surakarta beberapa pejabat Kantor Pusat DJKN diantaranya Kepala Bagian Umum dan Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Ditjen, Kepala Sub Direktorat Bantuan Hukum Direktorat Hukum dan Humas serta beberapa pejabat dan pegawai dari KPKNL lain.     

Ke depan, penyelenggaraan Gerai Layanan Virtual dalam rangka memeriahkan kegiatan Gebyar Daring 14 tahun Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang ini diharapkan dapat menginisiasi pengadaan dan pelaksanaan layanan KPKNL kepada masyarakat/pengguna jasa yang berbasis teknologi dan informasi terkini, sehingga akan lebih mendekatkan KPKNL kepada pengguna jasa khususnya dan masyarakat pada umumnya  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini