Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surakarta Penuhi Target Pokok Lelang 2020
Wisnu Herjuna
Kamis, 17 September 2020   |   364 kali

Pada hari Rabu, 16 September 2020, KPKNL Surakarta berhasil melelang aset harta pailit PT. Sukses Abadi Karya Inti (PT. SAKTI). Pelaksanaan lelang atas harta pailit tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut putusan Pengadilan Niaga Semarang tanggal 6 Mei 2019 yang menyatakan pailit terhadap PT. SAKTI, PT. Dunia Pangan, PT. Jatisari Srirejeki dan PT. Indo Beras Unggul. Lelang yang dilaksanakan secara elektronik melalui laman lelang.go.id tersebut berhasil menjual harta pailit PT. SAKTI senilai Rp178 Milyar. Aset pailit PT. SAKTI yang dijual lelang tersebut berupa tanah dan bangunan berikut mesin-mesin dan peralatan-peralatan pabrik di Jalan Raya Solo - Sragen Km.23 Duyungan, Kec. Sidoharjo, Kab. Sragen.

Pejabat Lelang KPKNL Surakarta yang bertugas dalam pelaksanaan lelang tersebut, Tutut Wulandari, menutup penawaran tepat pukul 10.00 waktu server dengan penawaran tertinggi sebesar Rp178.353.061.000. Pihak kurator yang bertindak sebagai penjual, Giri Singgih Hartarto menyetujui penawaran tersebut untuk ditetapkan sebagai pembeli.

Kepala KPKNL Surakarta, Andi Soegiri, yang turut menyaksikan pelaksanaan lelang tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasinya dalam pelaksanaan lelang tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga lelang hari ini berjalan lancar dan laku terjual sehingga kita telah turut serta dalam menggerakkan perekonomian negara,” ucapnya.

Sebagai informasi dari hasil pelaksanaan lelang tersebut, akan diperoleh penerimaan Negara berupa PPh dengan nilai sebesar Rp.4,4 Milyar dan bea lelang sebesar Rp.8,9 Milyar.

Pada kesempatan itu, turut hadir pula perwakilan pegawai dari KPP Karanganyar dalam rangka koordinasi berkaitan dengan pembayaran PPh pelaksanaan lelang tersebut. Hal ini sekaligus bertujuan untuk memberikan layanan prima dari KPKNL Surakarta dan KPP Karanganyar bagi pembeli dalam proses pasca lelang.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Sudaryanto, menyatakan bahwa hasil lelang tersebut sangat berarti bagi KPKNL Surakarta sehingga target lelang tahun 2020 dapat dicapai. Dengan hasil lelang ini, maka realisasi target lelang KPKNL Surakarta tahun 2020 telah mencapai Rp369,9 Milyar atau 135% dari target tahun 2020 sebesar Rp274 Milyar. 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini