Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surakarta Menyelenggarakan Sosialisasi SIMANTAP dan Serah Terima Sertifikat BMN hasil Program Sertifikasi
Risdian Fajarohman
Selasa, 11 Desember 2018   |   327 kali

KPKNL Surakarta menyelenggarakan acara sosialisasi aplikasi SIMANTAP dan serah terima sertifikat tanah Barang Milik Negara (BMN) hasil program sertifikasi. Kegiatan tersebut berlangsung di aula KPKNL Surakarta sejak hari Selasa, 4 Desember 2018. Acara yang diikuti oleh satuan kerja-satuan kerja Kementerian/Lembaga di wilayah kerja KPKNL Surakarta tersebut berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 4 – 6 Desember 2018.

Kegiatan dibuka oleh Kepala KPKNL Surakarta, Andi Soegiri, sekaligus menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir pada acara tersebut, khususnya kepada Kepala Kantor Pertanahan, yang telah menyelesaikan target sertifikasi tanah BMN tahun 2018 dengan  baik. Andi menjelaskan bahwa sertifikasi terhadap tanah BMN tersebut sangat penting untuk pengamanan Barang Milik Negara berupa tanah. “Sertifikasi  adalah bagian dari asas 3 T, tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum”, jelas Andi. “Di lapangan seringkali satker (satuan kerja-red) selaku Pengguna Barang tidak mengetahui di mana fisik tanah, ke depannya diharapkan satker bisa melakukan perbaikan dengan melakukan survey fisik, lalu diteruskan tertib administrasi dan tertib hukum”, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, secara simbolis dilaksanakan penyerahan sertifikat tanah hasil program sertifikasi dari Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang Kabupaten Boyolali dan Karanganyar kepada satker Pelaksana Jalan Nasional II Jawa Tengah. Kantor Agraria dan Tata Ruang Kabupaten Boyolali telah berhasil menerbitkan 53 sertifikat dari target 14 sertifikat, atau terealisasi 378,6%, sedangkan Kantor Agraria dan Tata Ruang Kabupaten Karanganyar berhasil menerbitkan 22 sertifikat dari target 11 sertifikat, atau terealisasi 200%. Keberhasilan ini merupakan bukti nyata komitmen dan sinergi antara KPKNL Surakarta, Kantor Agraria dan Tata Ruang serta satker Pengguna Barang untuk mewujudkan asas 3T dalam pengelolaan BMN.

Selain itu, selama 3 hari pelaksanaan kegiatan, KPKNL Surakarta juga memberikan sosialisasi aplikasi SIMANTAP  versi terbaru yang dipandu oleh Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara.  Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 150 satker di wilayah kerja KPKNL Surakarta. Materi sosialisasi berupa kebijakan umum program sertifikasi, masalah, tantangan dan penyelesaian serta peraturan pengelolaan BMN terbaru dan kegiatan pensertifikatan BMN berupa tanah sesuai Peraturan Bersama Menteri Keuangan nomor 186/PMK.06/2009 dan Peraturan Kepala BPN RI nomor 24 Tahun 2009.

Setelah materi sosialisasi selesai, acara  dilanjutkan dengan instalasi aplikasi SIMANTAP versi 5 serta tutorial pengisian aplikasi tersebut.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini