Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Surabaya
Informasi Publik

VIRTUAL EXPO LELANG JAWA TIMUR 2020

AWALLUDIN IKHWAN   |   Selasa, 27 Oktober 2020   |   2020-10-27 21:05:11   |   0 kali

Surabaya, 27 Oktober 2020 - Dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia 2020 dan Hari Ulang Tahun Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) ke-14, Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) se-Jawa Timur bekerja sama dengan Perbankan, Balai Lelang dan Pejabat Lelang di Jawa Timur menyelenggarakan Virtual Expo Lelang Jatim 2020. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual atau online pada tanggal 2 s.d. 13 Nopember 2020 dengan acara diantaranya live lelang Pejabat Lelang kelas I dari KPKNL dan Pejabat Lelang kelas II, pameran property, lelang UMKM, lelang benda seni, lelang otomotif dan berbagai macam talk show seputar lelang. Informasi seputar Virtual Expo Lelang Jatim 2020 dapat diakses melalui https://virtualexpolelang.kemenkeu.go.id/.  


Kejadian pandemi covid-19 membuat semua proses bisnis mengalami perubahan dan beradaptasi pada digitalisasi pelayanan. Pelaksanaan lelang yang selama ini telah menggunakan e-auction (lelang internet) sebelum masa pandemi covid-19 membuktikan bahwa era baru lelang membuat pelayanan lelang menjadi lebih mudah, transparan dan akuntabel. Kegiatan virtual lelang expo ini juga dalam rangka memberikan edukasi dan mengenalkan penjualan lelang kepada masyarakat luas bahwa membeli melalui lelang dapat menjadi pilihan di masa pandemi ini karena dapat diakses secara mobile tanpa harus hadir seperti di pelaksanaan lelang konvensional.

 

KPKNL Surabaya akan berpartisipasi dalam Virtual Expo Lelang Jatim 2020 dengan menyelenggarakan live lelang dengan objek kendaraan bermotor dengan pemohon BPJS dan lelang bongkaran bangunan dengan pemohon Pemkab Bojonegoro. Lelang akan diselenggarakan secara virtual pada tanggal 2 Nopember 2020 mulai pukul 13.00 WIB. Masyarakat yang berminat mengikuti lelang dapat melakukan registrasi atau pendaftaran melalui laman www.lelang.go.id atau via aplikasi lelang indonesia (dapat diunduh di playstore). Untuk mendaftar, persyaratan yang dibutuhkan cukup berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan informasi nomor rekening pada bank sesuai nama dalam KTP. Dengan mempunyai akun lelang online, maka peserta lelang dapat mengikuti semua lelang online yang diselenggarakan oleh KPKNL di seluruh indonesia.


Di sisi lain, terdapat kemungkinan pemanfaatan kegiatan Virtual Expo Lelang ini oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan cara yang tidak sesuai atau bahkan melanggar hukum seperti penipuan berkedok lelang murah. KPKNL hanya melayani lelang online melalui laman www.lelang.go.id atau via aplikasi lelang indonesia dan pegawai KPKNL tidak pernah menjanjikan peserta lelang untuk menjadi pemenang lelang. Dan hal yang penting diperhatikan, pembayaran uang jaminan dan/atau pelunasan hasil lelang tidak dilakukan ke rekening pribadi tetapi melalui virtual account Bendahara Penerimaan KPKNL.


Kepala KPKNL Surabaya,


Ttd


Andy Pardede

Kontak
Jl. Indrapura No. 5 Gedung Keuangan Negara Lt. 5 Surabaya - 60175
(031) 3573953
(031) 3554794
kpknlsurabaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini