Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya > Kilas Peristiwa
Bukber KPKNL Surabaya : Indahnya Berbagi Bersama Anak Yatim dari Panti Asuhan Assalam
Rahayu Kusuma Rini
Jum'at, 22 Juni 2018   |   681 kali

KPKNL Surabaya menyelenggarakan acara buka bersama anak  yatim sekaligus memberikan santunan anak yatim pada Selasa (05/06) di ruang rapat  KPKNL Surabaya pada  lantai 6 GKN Surabaya I.  Kegiatan ini  dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan KPKNL Surabaya,  anak yatim piatu dari Panti Asuhan Assalam  Gunungsari Surabaya serta beberapa pejabat dari jajaran Kanwil DJKN Jatim.  Rangkaian acara tersebut diisi dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an,  Ceramah agama Islam yang disampaikan oleh Ustadz Achmad  Fatkhi,  sholat maghrib berjamaah serta buka puasa bersama seluruh keluarga besar KPKNL Surabaya dan anak yaim piatu.


Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Joko Sunanto dan saritilawah yang dibacakan oleh Hati Yuni. Selanjutnya sambutan oleh Kepala KPKNL Surabaya Win Handoyo  yang diantaranya menyampaikan bahwa  di bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini agar diisi dengan kegiatan positif serta selalu meningkatkan ketakwaan. Kegiatan buka puasa bersama ini untuk mempererat kekeluargaan dan sebagai wujud rasa syukur atas kenikmatan
yang telah dilimpahkan kepada Allah SWT dengan berbagi kepada anak yatim piatu sesuai tema kegiatan yaitu  “Indahnya Berbagi”, karena sesungguhnya Rasulullah telah memberikan teladan agar umat Islam menyayangi anak yatim.

 

Selanjutnya acara diisi dengan ceramah agama Islam oleh Ustadz Achmad  Fatkhi  yang menjelaskan bahwa perintah puasa adalah untuk mengendalikan nafsu. Ibadah puasa Ramadhan adalah ibadah yang istimewa, tidak hanya menahan lapar dan dahaga namun lebih penting lagi adalah mengendalikan nafsu sehingga menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik, selalu bersyukur atas kenikmatan yang telah diperoleh kedamaian hati serta meningkatkan keimanan.

 

Bagaimana  hati kita bisa damai ? Pertama adalah bersyukur kepada Allah. Kita harus pandai pandai bersyukur atas rizki dan nikmat yang telah Allah SWT berikan dan senantiasa berusaha mendekatkan diri dengan Allah SWT. Kedua memohon kedamaian hati.  Di bulan Ramadhan ini marilah kita tanamkan pohon pohon keshalihan di hati kita dan memperbanyak do’a agar terwujud keluarga sakinah. Seperti doa nabi Ibrahim  yang meminta kedamaian hati sehingga terwujud kebahagiaan hidup.  Di akhir ceramah Ustadz Akhmad Fatkhi kembali mengingatkan untuk beribadah pada malam Lailatul Qadar yang digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam kemuliaan yang sangat istimewa dimana  umat Islam berlomba mendapatkannya, karena beribadah pada malam itu dinilai lebih baik daripada seribu bulan.

 

Di akhir acara dilakukan penyerahan santunan penyerahan bantuan santunan kepada anak yatim piatu yang merupakan hasil sumbangan seluruh pegawai oleh Kepala KPKNL Surabaya Win Handoyo  kepada anak anak yatim dari panti asuhan Assalam Gunungsari Surabaya  yang diwakili Subhanpengasuh panti asuhan Assalam dan penyerahan bingkisan lebaran kepada seluruh anak yatim yang hadir. Semoga kegiatan ini memberikah barokah bagi seluruh keluarga besar KPKNL Surabaya. (Teks Foto : Tim HI)

 

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini