Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Serentak Barang Sitaan Pajak: Kolaborasi DJKN Jatim dan DJP Jawa Timur II
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Senin, 10 Oktober 2022   |   140 kali

Senin, 10 Oktober 2022. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya, bersama KPKNL di wilayah kerja Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Timur, telah melaksanakan lelang Serentak atas Barang Sitaan dalam Rangka Penagihan Pajak.

Kegiatan yang memiliki tagline “Bersama Lelang, Pajak Kuat, Lelang bermanfaat, Indonesia Hebat” ini merupakan salah satu bentuk Kolaborasi Kemenkeu One antara Kanwil DJKN Jawa Timur dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II. Acara lelang serentak dilaksanakan secara hybrid menggunakan Zoom , dihadiri Kepala Kanwil DJP Jawa Timur II, Ibu Agustin Vita Avantin , serta Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur,  Tugas Agus Priyo Waluyo beserta jajarannya.

Kepala Kanwil DJP Jawa Timur II Agustin Vita Avantin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan lelang sebagai tindakan dalam rangkaian penagihan pajak ketika wajib pajak mampu namun tidak mau membayar pajak untuk memberikan efek jera maka terhadap aset wajib pajak akan dilaksanakan lelang. “Lelang Serentak ini dilaksanakan oleh 13 Kantor Pelayanan Pajak dengan total nilai limit Rp967 juta,” ungkapnya.  Dalam perpajakan, lelang merupakan salah satu bagian paling ujung dari upaya penagihan pajak. Pelelangan barang sitaan merupakan bagian dari law enforcement dalam rangka menyelamatkan penerimaan negara, 


Sedangkan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo menyampaikan kegiatan lelang serentak ini sebagai perwujudan sinergi yang sangat baik antara unit-unit di Kementerian Keuangan dan sesuai dengan amanah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang selalu menyampaikan Kemenkeu Satu Kemenkeu Terpercaya. “Lelang aset sitaan pajak dalam rangka penagihan pajak sudah sering dilakukan, namun masih sendiri-sendiri antara KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang-red) dan KPP (Kantor Pelayanan Pajak-red) Pratama. Saat ini lelang dilakukan secara serentak sehingga gaungnya terdengar dan semoga tujuan dari penagihan pajak tersebut dapat tercapai.” jelasnya. 

 

Secara live melalui daring, kegiatan yang bersifat seremonial ditayangkan  dari Gedung Keuangan Negara II Surabaya, sedangkan perwakilan kuasa penjual dan pelelang KPKNL Surabaya mengikuti rangkaian acara daring dari Gedung Keuangan Negara I Surabaya. Pelelangan pada pagi hari ini terdiri dari 19 aset dari 13 KPP. KPKNL Surabaya sendiri melelang barang sitaan pajak dari KPP Pratama Lamongan, Gresik, Tuban. Diharapkan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan deterrence effect (efek jera) bagi para penunggak pajak. Untuk selanjutnya, semoga kanwil-kanwil lain juga mengadakan kegiatan serupa.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini