Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PENGENALAN LELANG DI KALANGAN MAHASISWA
Khoirul Muslihah
Senin, 14 Juni 2021   |   194 kali

Surabaya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya berpartisipasi dalam kegiatan DJKN Goes To Campus yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur (Kanwil DJKN Jatim) dengan memperkenalkan lelang  kepada mahasiswa. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (9/6) dikampus Universitas Airlangga bertempat di Aula KRT. Fadjar Notonagoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis diikuti oleh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Hukum, serta mahasiswa pasca sarjana seperti mahasiswa magister manajemen dan magister kenotariatan. Kegiatan dengan mengangkat tema Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian diselenggarakan secara hibryd dengan 30 peserta luring dan ratusan peserta mengikuti secara daring.

 

DJKN Goes To Campus ini memberikan pengetahuan lelang kepada mahasiswa. Ahid Ihwanudin Kepala Bidang Lelang dengan didampingi Ary mey Rambudi memberikan sharing knowledge tentang lelang baik dari aspek ekonomi makro maupun hukum. Mulai dari pengertian lelang sampai dengan pelaksanaan lelang dijelaskan oleh Ahid Iwanunddin, Kabid Llang Kanwil DJKN Jatim. Salah satu peran dan fungsi lelang dalam perekonomian negara selain mengumpulkan PNBP adalah menciptakan keseimbangan makro ekonomi setelah adanya terjadinya kredit macet atau NPL dari perbankan, lanut Ahid. Agunan yang laku terjual atau kredit macet yang terselesaikan menjadi dana segar untuk menggairahkan perekonomian. Disisi lain menurut Ahid, lelang juga menciptakan lapangan kerja yaitu investor property, agen property, jual beli kendaraan bermotor, jual beli online. Selain itu, dengan memenuhi persyaratan, masyarakat dapat juga menjadi pejabat lelang kelas 2.

 

Sesi simulasi lelang dipandu oleh Tiar Nurita Qadarsih, Pelelang KPKNL Surabaya. Dalam pembukaannya Tiar menyampaikan di bulan Juni DJKN sedang memasyarakatkan lelang secara luas dengan tajuk “KEDAI LELANG UMKM”, sebuah kegiatan yang diharapkan dapat mengangkat produk-produk UMKM ke dalam pasar skala nasional. Simulasi lelang ini akan menjual produk-produk UMKM berupa kerajinan kayu dari pengrajin UMKM Bojonegoro dan kerajinan eceng gondok sekaligus sebagai pemanasan  even lelang UMKM yang akan dilaksanakan akhir pekan bulan Juni 2021. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti pelaksanaan lelang sehingga produk UMKM sebagian laku terjual lelang.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini