Surabaya – Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang
dicapai KPKNL Surabaya pada tahun 2014 tidak membuat puas. Justru hal tersebut
menjadi pemicu untuk dapat meneguhkan kembali komitmen pencegahan korupsi dan
peningkatan pelayanan publik. Dan predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih
Melayani (ZI WBBM) adalah satu
jawabannya.
Pada hari Rabu tanggal 17 Februari 2021, KPKNL
Surabaya melaksanakan pencanangan pembangunan ZI WBBM. Pencanangan tersebut menggunakan sarana online meeting dengan mengundang jajaran
pimpinan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Ombudsman Perwakilan Jawa Timur, Inspektorat Bidang
Investigasi Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dan para pengguna jasa
KPKNL Surabaya. Kegiatan ini merupakan deklarasi/pernyataan dari pimpinan
beserta seluruh pegawai unit kerja bahwa KPKNL Surabaya telah siap membangun
Zona Integritas. Pencanangan ZI WBBM ini dilakukan secara terbuka dan
dipublikasikan secara luas, agar semua pihak termasuk masyarakat dan pengguna
jasa khususnya dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam
program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan
peningkatan kualitas pelayanan publik.
Dedi Syarif Usman, Sekretaris DJKN,
menyampaikan agar pencanangan ZI WBBM tidak hanya formalitas. Semangat tersebut
harus menjiwai komitmen pelayanan dan pencegahan korupsi. Indeks persepsi integritas
DJKN mengalami peningkatan dan harapannya bahwa hal tersebut benar-benar menggambarkan
sisi integritas yang sesungguhnya seperti yang dilihat dan dirasakan oleh
pengguna jasa, tambahnya. Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Tugas Agus Priyo
Waluyo, menyampaikan komitmennya untuk membantu KPKNL Surabaya dengan
pelaksanaan monitoring dan evaluasi terutama akan dilakukan oleh Bidang
Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI). Beliau menambahkan agar tidak
hanya mengejar predikat., tetapi ada peningkatan kualitas pada pola kerja para
pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa.
Andy Pardede, Kepala KPKNL Surabaya,
menguatkan komitmen untuk dapat melayani pengguna jasa dengan lebih cepat dan berkeadilan.
Seiring dengan
pencanangan pembangunan ZI WBBM, KPKNL Surabaya memperkenalkan semangat baru yaitu
WANI CAK, yang merepresentasikan semangat KPKNL Surabaya untuk selalu
berani melaksanakan perbaikan kualitas layanan. Semangat tersebut ini juga menggambarkan KPKNL
Surabaya sebagai Wilayah birokrasi yang Amanah, berIntegritas, dengan
pelayanan yang Cepat serta Akuntabel. Motto layanan tersebut mengandung
nilai kearifan lokal Kota Surabaya yang menjadi inspirasi pegawai KPKNL Surabaya
dalam melayani pengguna jasa.