Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SEMANGAT BARU MENUJU ZONA INTEGRITAS WBBM
Awalludin Ikhwan
Kamis, 18 Februari 2021   |   240 kali

Surabaya – Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang dicapai KPKNL Surabaya pada tahun 2014 tidak membuat puas. Justru hal tersebut menjadi pemicu untuk dapat meneguhkan kembali komitmen pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik. Dan predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani  (ZI WBBM) adalah satu jawabannya.

Pada hari Rabu tanggal 17 Februari 2021, KPKNL Surabaya melaksanakan pencanangan pembangunan ZI WBBM. Pencanangan tersebut menggunakan sarana online meeting dengan mengundang jajaran pimpinan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Ombudsman  Perwakilan Jawa Timur, Inspektorat Bidang Investigasi Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dan para pengguna jasa KPKNL Surabaya. Kegiatan ini merupakan deklarasi/pernyataan dari pimpinan beserta seluruh pegawai unit kerja bahwa KPKNL Surabaya telah siap membangun Zona Integritas. Pencanangan ZI WBBM ini dilakukan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas, agar semua pihak termasuk masyarakat dan pengguna jasa khususnya dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dedi Syarif Usman, Sekretaris DJKN, menyampaikan agar pencanangan ZI WBBM tidak hanya formalitas. Semangat tersebut harus menjiwai komitmen pelayanan dan pencegahan korupsi. Indeks persepsi integritas DJKN mengalami peningkatan dan harapannya bahwa hal tersebut benar-benar menggambarkan sisi integritas yang sesungguhnya seperti yang dilihat dan dirasakan oleh pengguna jasa, tambahnya. Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Tugas Agus Priyo Waluyo, menyampaikan komitmennya untuk membantu KPKNL Surabaya dengan pelaksanaan monitoring dan evaluasi terutama akan dilakukan oleh Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI). Beliau menambahkan agar tidak hanya mengejar predikat., tetapi ada peningkatan kualitas pada pola kerja para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa.

             Andy Pardede, Kepala KPKNL Surabaya, menguatkan komitmen untuk dapat melayani pengguna jasa dengan lebih cepat dan berkeadilan. Seiring dengan pencanangan pembangunan ZI WBBM, KPKNL Surabaya memperkenalkan semangat baru yaitu WANI CAK, yang merepresentasikan semangat KPKNL Surabaya untuk selalu berani melaksanakan perbaikan kualitas layanan. Semangat tersebut ini juga menggambarkan KPKNL Surabaya sebagai Wilayah birokrasi yang Amanah, berIntegritas, dengan pelayanan yang Cepat serta Akuntabel. Motto layanan tersebut mengandung nilai kearifan lokal Kota Surabaya yang menjadi inspirasi pegawai KPKNL Surabaya dalam melayani pengguna jasa.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini