Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
“Menjaring Animo Masyarakat dalam Pembelian Lelang melalui Kredit Lelang / KPR Solusi”
Idi Muamar
Kamis, 25 Juli 2019   |   326 kali

Surabaya—Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat tentang lelang, Kanwil DJKN Jawa Timur, KPKNL Surabaya, KPKNL Malang dan PT. BRI Tbk. Surabaya bersinergi dengan TVRI Jawa Timur dalam acara Talkshow demi meningkatkan minat lelang masyarakat dan dengan adanya program baru KPR Solusi. Acara Obrolan Kredit Lelang / KPR Solusi ini terselenggara di Studio 2 Stasiun TVRI Jawa Timur  pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2019 jam 16.00 sampai dengan 17.00 WIB. Obrolan yang bertemakan “Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembelian Lelang Melalui Kredit Lelang / KPR Solusi” dihadiri oleh Narasumber Andy Pardede Kepala KPKNL Surabaya, Asep Suryadi Kepala KPKNL Malang, dan Horasman Wakil Pimpinan Wilayah BRI Surabaya.

Dalam pelaksanaan lelang, khususnya Pasal 6 UUHT terkadang ditemui kendala dalam mencari calon pembeli lelang, salah satunya karena faktor harus adanya ketersediaan dana tunai untuk melunasi asset yang dimenangkan dari lelang tersebut. Sebagai salah satu fungsi pelayanan lelang dan salah satu kantor operasional, KPKNL Surabaya  berpartisipasi memberikan kontribusi penerimaan bagi negara, berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari pungutan Bea Lelang Penjual dan Pembeli. Untuk mengikuti pelaksanaan lelang, para peminat atau calon pembeli lelang bisa mengakses situs www.lelang.go.id. dengan menyiapkan data berupa KTP, NPWP dan Data Rekening.

Pada Sesi berikutnya, Bapak Horasman (Wapinwil BRI Surabaya), menjelaskan KPR Solusi memfasilitasi para peminat lelang asset Hak Tanggungan yang tidak memiliki dana tunai, maka PT. Bank BRI saat ini telah melaunching sebuah produk perbankan berupa fasilitas KPR Lelang. Fasilitas ini memberi kesempatan kepada pembeli lelang yang tidak mempunyai dana cukup untuk membeli rumah dengan pembiayaan dari Bank BRI.

Untuk menikmati Pembelian Lelang Melalui Kredit Lelang / KPR Solusi BRI, Horasman menjelaskan ada sejumlah prosedur yang harus dilewati nasabah. Pertama, mengikuti proses lelang ketika sudah menemukan properti yang diminati di https://infolelang.bri.co.id/, Kedua, melakukan survei rumah lelang dengan menginformasikannya kepada petugas Kantor Cabang BRI terdekat. Ketiga, membuat akun untuk regisitasi www.lelang.go.id..  kemudian nasabah bisa memproses KPR di Bank BRI sampai dengan proses Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit  dan  mengikuti lelang di KPKNL dimana aset didaftarkan. Permohonan ini diajukan sesuai waktu yang ditentukan oleh BRI, dengan waktu survey 2 hari, berikut bunga rendah 8.75% dan bebas biaya provisi. Apabila permohonan tersebut disetujui oleh BRI maka peserta lelang dapat melakukan bidding dengan nilai paling tinggi sebesar pagu kredit, nilai ini dihitung termasuk bea lelang yang harus ditanggung oleh pemenang.

Pelunasan akan dilakukan perbankan sebelum jatuh tempo pelunasan 5 (lima) hari kerja berakhir. “Jika menang lelang, maka akad kredit bisa segera dilaksanakan sekitar sepekan kemudian, kalau kalah maka uang jaminan tadi dikembalikan ke nasabah. Kredit Lelang / KPR Solusi merupakan terobosan di tengah kecilnya tingkat penjualan lelang eksekusi, terutama eksekusi agunan Perbankan. Rendahnya minat ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu faktor cukup signifikan adalah keharusan pemenang lelang untuk membayar secara tunai dalam 5 ( lima)  hari kerja sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. 

Dalam Acara Talkshow ini juga dibuka kesempatan untuk pendengar mengajukan pertanyaan melalui saluran telepon, SMS, maupun Whatsapp dan bagi penanya yang beruntung mendapatkan kartu BRIZZI dari  BRI. Dan selama jalannya acara juga ada sesi penanyangan iklan tentang lelang dari BRI dan Kanwil DJKN Jawa Timur. Acara selanjutnya adalah sesi foto bersama dan ramah-tamah. (Teks & Foto : Tim Hukum dan Informasi KPKNL Surabaya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini