Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PENYERAHAN SERTIFIKAT TANAH KEPADA KEMENTERIAN/ LEMBAGA DI WILAYAH KERJA KPKNL SURABAYA
Jamiatun
Rabu, 19 Desember 2018   |   444 kali

Surabaya (17/12)  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya  melakukan serah terima Sertifikat Tanah Barang Milik Negara (BMN), pada Senin 17 Desember 2018. Dihelat di aula KPKNL Surabaya pada Gedung Keuangan Negara I Surabaya lantai 6,  kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kantor Pertanahan yang berada di wilayah kerja KPKNL Surabaya serta satuan kerja yang telah menyelesaikan sertifikat tanahnya tahun 2018. Hal tersebut dalam rangka program percepatan sertifikasi BMN berupa tanah di wilayah kerja KPKNL Surabaya.

 

Dalam kesempatan ini hadir pula Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur Etto Sunaryanto  dalam sambutannya beliau menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih baik kepada berbagai pihak sehingga seluruh permohonan sertifikat yang diajukan dapat selesai.Sertifikasi BMN berupa tanah merupakan salah satu cara untuk mengamankan BMN. Dengan demikian akan terwujud 3 T yakni Tertib Administrasi, Tertib Fisik dan Tertib Hukum. Dimana Tertib Hukum diwujudkan dengan progran sertifikasi  tanah BMN agar memiliki nilai yang sangat material dalam neraca Laporan Keuangan Pemerintah Pusat. Untuk itu, KPKNL Surabaya bertekad mensukseskan program Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan  berperan aktif dalam penyelesaian sertifikasi tanah BMN.

 

Kepala KPKNL Surabaya Win Handoyo menyampaikan memaparkan progres capaian sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2018 dan target nominatif sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2019 . Dalam pra kegiatan sertifikasi agar diidentifikasi bidang tanah yang tidak dapat dilaksanakan pensertipikatan (pembatalan/penundaan) sehingga dapat segera dilakukan penggantian sejak awal serta memperlancar dan mempercepat pelaksanaan sertifikasi. Beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Kantor Pertanahan di wilayah kerja KPKNL Surabaya  dan seluruh satuan kerja atas kerjasama dan sinergi KPKNL selaku Pengelola Barang, satuan kerja selaku Pengguna Barang maupun Kantor Pertanahan selaku pelaksanana sertifikasisehingga target sertifikasi tanah BMN  tahun 2018 dapat diselesaikan. Diharapkan kerja sama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan ke depannya.

 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dengan total 177 sertifikat secara simbolis dari Kantor Pertanahan kepada satuan kerja disaksikan Kepala Kanwil DJKN, Kepala KPKNL Surabaya dan Kepala Bidang Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah  Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Timur. Satuan kerja yang menerima sertifikat adalah PJN Metropolitan I, Surabaya, PJN Metropolitan II Surabaya, PJN Wilayah II Popinsi jawa Timur, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Zidam V/Brawijaya, Polrestabes Surabaya dan Kanwil Direktorat Pajak Jawa Timur I. Dengan demikian  BMN  berupa tanah pada satuan kerja dimaksud kini telah bersertifikat Hak Pakai atas nama Pemerintah RI c.q. Kementerian/Lembaga

Di akhir kegiatan kali ini Kepala Kanwil DJKN Jatim Etto Sunaryanto meyampaikan penghargaan spesial ditandai penyerahan piagam  disampaikan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik sebagai Kantor Pertanahan tercepat yang mencapai target sertifikasi BMN berupa tanah. Selain Kepala KPKNL Surabaya menyerahkan plakat kepada seluruh perwakilan Kantor Pertanahan di wilayah KPKNL Surabaya yang hadir sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kerjasama yang solid dalam program  sertifikasi BMN berupa tanah.(Teks & Foto : Sie Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini