Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Kolaborasi Kemenkeu Satu untuk PANGESTU
Bahrahmat Simamora
Rabu, 05 Oktober 2022   |   274 kali

Sorong (05/10) Pangestu merupakan program kolaborasi bersama seluruh instansi vertikal Kemenkeu se-Propinsi Papua Barat. Pangestu merupakan singkatan dari Pelatihan Keuangan Terpadu Kemenkeu Satu. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan pengetahuan dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) secara komprehensif dalam hal pengelolaan keuangan, anggaran, dan Barang Milik Negara (BMN) lingkup Provinsi Papua Barat. SDM yang menjadi objek adalah pejabat/pegawai di satuan kerja di luar Kemenkeu dan pejabat/pegawai di satuan kerja internal Kemenkeu. Untuk internal Kemenkeu, Pangestu bertujuan menjadi jembatan dalam cross function tugas dan fungsi antar satuan kerja di lingkungan Kemenkeu. Sebagai contoh, Pejabat/pegawai di KPP Pratama Sorong dapat memberikan materi terkait Pengelolaan BMN yang seharusnya menjadi tugas dan fungsi KPKNL Sorong. Pangestu dilaksanakan setiap bulan dengan materi pembahasan yang berbeda-beda.

Kegiatan Pangestu hari ini merupakan pertama sekali dan diikuti oleh 11 satuan kerja pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan se-Provinsi Papua Barat. Materi yang disampaikan terkait ”Pengujian Belanja Terkait Aset Tetap ” yang dibawakan oleh Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Sorong Mashudi Adi Nugroho. Materi kedua terkait ”Penatausahaan Aset Tetap” yang dibawakan oleh Pengolah Data Pengelolaan Kekayaan Negara Senior KPKNL Sorong Didik Suryadi. Materi ketiga terkait ”Perhitungan Kewajiban Perpajakan Terkait Belanja Aset Tetap” yang dibawakan oleh Asisten Penyuluh Pajak Terampil KPP Pratama Sorong Irfan Fathin Adhitama Setianto.

Acara dimulai dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala KPKNL Sorong Antonius Arie Wibowo dan dilanjut dengan sambutan dan pembukaan oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Papua Barat Bayu Andy Prasetya. Beliau dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pejabat dan pegawai dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan se-Provinsi Papua Barat dan memberikan apresiasi kepada seluruh tim pelaksana kegiatan Pangestu. Peningkatan pengetahuan dan kompetensi para pejabat dan pegawai  terkait pengelolaan keuangan, anggaran, dan BMN akan menghasilkan pengelolaan keuangan, anggaran, dan BMN yang dapat dipercaya, akuntabel, integritas dan tepat sasaran. Hal ini secara tidak langsung turut memberi kontribusi dalam peningkatan indeks pembangunan manusia di propinsi Papua Barat.

Pangestu merupakan wujud kolaborasi Kemenkeu Satu dalam memberikan pelayanan kepada seluruh pengguna layanan dan masyarakat. Acara di pandu oleh Christian Nova Putra dari KPKNL Sorong.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini