Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Sosialisasi Lelang Dalam Rangka Ulangtahun Lelang ke - 112
Fatthurrahman Yusuf Anhar
Senin, 30 Maret 2020   |   250 kali

Sorong – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Lelang ke-112, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sorong menyelenggarakan kegiatan DJKN Goes To School yang diikuti kurang lebih 100 Siswa dan Siswi di Aula SMAN 3 Sorong.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala KPKNL Sorong, Indra Eka Putra, menjelaskan bahwa “lelang adalah media jual beli yang menarik yang bisa bersama-sama kita ikuti, karena disini penjual bisa mendapatkan harga yang meningkat melebihi ekspetasinya, dan pembeli bisa membeli barang yang diinginkan sesuai harga yang mereka kehendaki, yang dimana harga rata-rata tersebut dibawah nilai pasar normal. Tetapi masyarakat juga perlu berhati-hati atas penipuan yang berkedok pelaksanaan lelang, karena lelang resmi hanya melalui Lelang Indonesia DJKN”, dalam sambutannya. Indra pada kesempatan tersebut juga menceritakan bahwa salah satu pegawainya merupakan alumni dari SMAN 3 Sorong 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Sorong Bidang Kehumasan, Naomi ElsianeS.Pd,. Saya mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Sorong karena telah memilih sekolahnya dalam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama siswa siswi merasakan simulasi lelang dan dijelaskan mengenai tusi dari KPKNL Sorong, dan mudah – mudahan ada penerus dari SMAN 3 Sorong agar bias berkontribusi di KPKNL Sorong”, ucap Naomi.

Acara selanjutnya adalah pengetahuan lelang yang dibawakan oleh Iwan Susanto, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Sorong. Iwan menjelaskan tentang sejarah lelang di Indonesia yang bermula dari para pejabat pemerintahan/perusahaan Belanda yang bila terjadi perpindahan/mutasi pejabat Belanda tersebut timbul masalah mengenai penjualan barang-barang milik pejabat yang dimutasi tersebut. Oleh karena itu, pada tahun 1908 Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad 1908 Nomor 189 tentang Vendu Reglement yang kemudian terbentuklah Inspeksi Lelang yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan.

Selain menjelaskan sejarah singkat lelang juga dijelaskan terkait pengetahuan umum lelang, jenis-jenis lelang, tahapan lelang, dasar peraturan lelang, dan syarat–syarat lelang. Iwan juga mempromosikan cara mengikuti lelang e-auction melalui situs lelang yakni www.lelang.go.id.  Pada sesi akhir, Iwan mengajak siswa siswi untuk mengikuti simulasi lelang sukarela.  Terdapat 3 (tiga) lot barang yang ditawarkan terdiri dari 1 (satu) powerbank dan 2 (dua) sepatu, melihat antusiasme dari para siswa-siswi dalam mengikuti acara ini dan dalam rangka ulang tahun lelang ke 112, pada akhirnya lelang tersebut diberikan secara cuma-cuma kepada pemenang lelang. 

Terdapat beberapa pertanyaan terkait syarat–syarat untuk menjadi peserta lelang, Peserta Lelang hanya dapat diikuti bagi para peserta yang sudah memiliki KTP & NPWP, namun para siswa tetap diajarkan bagaimana cara untuk mendaftar menjadi Peserta Lelang. 


112 tahun Lelang Indonesia
Aman, Unggul, dan Terpercaya

#KemenkeuRI
#DitjenKN #KPKNLSorong
#TraKosong
#112Tahun #LelangIndonesia


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini