Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
KUNJUNGAN LAPANGAN DIREKTUR PNKNL KE KKKS BP BERAU DI BABO
Yulia Kusumawardani
Jum'at, 21 September 2018   |   332 kali

Sorong - Dalam rangka kegiatan pengelolaan BMN Hulu Migas, Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-Lain (PNKNL), Purnama T. Sianturi bersama dengan Tim Penilai KPKNL Sorong melakukan kunjungan lapangan (site visit) ke KKKS BP Berau, di Babo, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat pada tanggal 16 -18 September 2018.

Site visit ini merupakan bagian dari rangkaian agenda Koordinasi Kegiatan Strategis Penatausahaan dan Pengelolaan BMN Hulu Migas dan Pemetaan BMN Tanah KKKS di Wilayah Papua dan Papua Barat serta survei lapangan penilaian BMN dalam rangka pemanfaatan dengan mekanisme sewa sebagai tindak lanjut atas rencana pemanfaatan BMN Hulu Migas berupa terminal khusus KKKS BP Berau oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan rencana pemanfaatan BMN berupa tanah dan bangunan oleh PT Bank Negara IndonesiaI (Persero) Tbk.

Mengawali perjalanan dengan waktu tempuh selama empat jam non stop dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Purnama dan rombongan tiba di Bandara Domini Eduard Osok di Sorong dan bertemu dengan Tim Penilai dari KPKNL Sorong. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke Babo via udara dan dilanjutkan dengan kapal cepat. Setelah check in dan safety induction oleh HSE BP Berau, rombongan menuju Jetty untuk meninjau tugboat yang akan dimanfaatkan.  Sesuai hasil inventarisasi dan penilaian, nilai satu unit kapal tugboat dengan daya 4.000 HP mencapai 100 Miliar rupiah. Dengan nilai tersebut, dapat dibayangkan besarnya potensi manfaat ekonomi yang diperoleh dari pemanfaatan aset oleh pihak ketiga yang dapat memberikan keuntungan kepada Negara dari sisi cost recovery.Khusus untuk pemanfaatan terminal khusus berupa empat unit tugboat di BP Berau ini akan menjadi benchmark bagi 17 terminal khusus pada KKS lain di seluruh Indonesia”, ungkap Purnama dalam sela-sela kunjungannya. Selesai melakukan visit on board tugboat, rombongan melanjutkan survei lokasi ATM yang berada pada area Pioneer Camp di area tangguh LNG.

Mengakhiri perjalanan panjang dari Babo, pada Selasa (18/09), Purnama hadir di tengah-tengah pegawai KPKNL Sorong untuk memberikan pembinaan terkait pengelolaan BMN Hulu Migas dan Piutang Negara.  Bertempat di Aula KPKNL Sorong, Purnama juga menyampaikan current issue terkait potensi kekayaan Negara yang dapat dioptimalkan manfaatnya guna meningkatkan penerimaan Negara. “DJKN sebagai satu-satunya pengelola aset Negara harus menjunjung tinggi integritas, selalu semangat dan cepat tangap terhadap BMN yang idle. Lebih baik lelah memperjuangkan hak negara atas aset eks KKKS, daripada lelah melihat aset negara dimanfaatkan pihak lain tetapi tidak ada kontribusi pada Negara”, tutur Purnama.     

 (Penulis/foto: yuliak, diograhapp, lesmana)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini