Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum Serasi KPKNL Singkawang Pekan Keempat November 2022
Retno Nur Indah
Selasa, 29 November 2022   |   47 kali

SERASI, Setiap Hari Penuh Inspirasi dan Motivasi, forum diskusi internal bagi seluruh jajaran di KPKNL Singkawang telah terlaksana hingga pekan keempat Bulan November 2022. Forum diskusi SERASI pada pekan keempat ini terlaksana pada hari Senin hingga Kamis dengan menghadirkan tema diskusi yang ringan, informatif sekaligus mengandung motivasi dari, oleh, dan untuk seluruh pegawai pada KPKNL Singkawang.

Senin (21/11/2022), bertempat di Ruang Poteng KPKNL Singkawang, diskusi Serasi diadakan dengan pemateri Retno Nur Indah, Kepala Seksi Hukum dan Informasi (HI) KPKNL Singkawang dengan judul “Pareto Principle”. Pareto Principle atau prinsip Pareto, dijelaksan pemateri merupakan prinsip 80-20, yang berarti sekitar 80 persen dari hasil, sebenarnya dihasilkan oleh adanya 20 persen input atau dorongan. Sejarah lahirnya konsep ini pertama kali dikenal pada awal abad ke-20 di Italia oleh Vilfredo Pareto, seorang ahli ekonomi Italia setelah mengkaji kondisi sosio ekonomi Italia pada kurun waktu tersebut. Selanjutnya pemateri menjelaskan perihal implementasi sistem ini khususnya dalam lingkup perusahaan, yakni dengan melakukan analisis terhadap output yang dihasilkan dan dikaitan dengan sumber daya/input yang dikeluarkan.  Beberapa manfaat prinsip Pareto ini juga dijelaskan pemateri, mulai dari untuk mencari penyebab atau faktor dominan dari suatu masalah, merumuskan prioritas, hingga merumuskan sejumlah langkah perbaikan atas setiap masalah yang terjadi, bahkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan keluarga atau persahabatan.

Selasa (22/11/2022) Serasi hari kedua pekan keempat bulan November 2022 diisi dengan penyampaian materi oleh Nurrino Darmawan, Kepala Seksi Kepatuhan Internal (KI) dengan judul “Mengenal Aksesoris Kamera dan Fungsinya”. Kamera merupakan perangkat atau alat yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar diam atau bergerak. Pemateri dalam kesempatannya menyampaikan bahwa untuk mendapatkan hasil foto yang baik selain dibutuhkan kamera yang mumpuni juga dibutuhkan sejumlah aksesoris yang penting untuk memaksimalkan performa kamera serta hasil foto yang diperoleh. Beberapa aksesori penting bagi penunjang kamera dijelaskan pemateri diantaranya flash, lensa, tripod, dan filter. Pemateri kemudian menjelaskan jenis dan fungsi masing-masing aksesoris tersebut dihadapan audiens diskusi Serasi.

Rabu (23/11/2022) adalah giliran Sandhi Arifani menyampaikan materi pada diskusi Serasi KPKNL Singkawang. Pejabat Fungsional Pelelang ini menyampaikan materi informatif dengan judul “Panduan Penukaran Uang Tidak Layak Edar”. Sandhi menyampaikan bahwa Masyarakat dapat menukarkan uang tidak layak edar dengan Uang Rupiah yang layak  edar di kantor Bank Indonesia setempat atau pada waktu kegiatan kas keliling Bank  Indonesia, dan di kantor pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia atau pada  waktu kegiatan kas keliling pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia. Uang tidak layak edar meliputi uang lusuh, uang cacat, uang rusak, dan uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran. Dalam kesempatan penyampaian materinya, pemateri menjelaskan lebih detail sejumlah bentuk kerusakan pada uang yang dapat dilakukan penukaran ke Bank Indonesia sehingga dapat diganti sesuai dengan nilai nominalnya.

Kamis (24/11/2022) diskusi Serasi diisi dengan penyampaian materi oleh Dhyan Virawan Suhendra, Pejabat Fungsional Penilai KPKNL Singkawang mengenai Hoax. Hoax yaitu informasi yang dibuat-buat atau direkayasa untuk menutupi informasi yang sebenarnya, atau dengan kata lain, hoax diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang seolah-olah meyakinkan akan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Pemateri menyampaikan bahwa selain dapat menutupi kebenaran yang sesungguhnya, lebih jauh tersebarnya hoax dapat mendatangkan permusuhan perpecahan didalam masyarakat. Pemateri juga menyampaikan contoh sejumlah berita yang dinyatakan hoax oleh pemerintah melalui Kominfo RI.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini