Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemenkeu Mengajar 7 Kota Singkawang : Dari Kami Untuk Negeri
Regina Ria Karolina
Jum'at, 25 November 2022   |   92 kali

Singkawang – Memperingati hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2022 sekaligus menutup rangkaian acara Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) pada 30 Oktober 2022 yang lalu, Kementerian Keuangan kembali mengadakan kegiatan Kemenkeu Mengajar. Kegiatan yang telah memasuki tahun ke-7 (tujuh) ini diadakan pada tanggal 24, 25 dan 28 November 2022 di berbagai kota di Indonesia. Kegiatan yang bertujuan memperkenalkan Kementerian Keuangan kepada siswa-siswi sekolah ini disambut antusias oleh para pegawai Kementerian Keuangan tak kurang dari 5.000 orang pegawai ikut berpartisipasi sebagai relawan untuk 357 sekolah di 37 provinsi, 91 kota/kabupaten.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 di Kota Singkawang sendiri dilaksanakan pada tanggal 24 November 2022. Terdapat 2 (dua) sekolah yang dipilih menjadi lokasi pengajaran yaitu MTs Negeri Kota Singkawang dan SMA Negeri 1 Pemangkat. Dalam kegiatan ini terdapat 40 orang relawan dengan pembagian tugas utama sebagai fasilitator, pengajar, serta dokumentator untuk kedua sekolah tersebut.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 untuk wilayah Singkawang-Sambas serentak dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB di sekolah. Acara dibuka dengan perkenalan serta sambutan dari perwakilan Kemenkeu Kota Singkawang. Sambutan di MTs Negeri Singkawang disampaikan oleh Kepala KPPN Singkawang Bulus Lumban Gaol dan Kepala KPPBC TMP C Sintete Nurtjahjo Budidananto untuk SMA Negeri 1 Pemangkat. Setelah penyampaian sambutan, para relawan mengajak para siswa untuk berlatih yel-yel Kemenkeu Mengajar 7 serta berbagai tepukan semangat. Dalam acara pembukaan ini juga disampaikan ucapan terimakasih dan plakat dari panitia kepada pihak sekolah.

Kegiatan mengajar dilaksanakan pukul 08.00 WIB, seluruh siswa memasuki kelas dengan semangat menerima ilmu baru. Semangat tergambar ketika para pengajar mulai memperkenalkan diri dan memulai sesi pengajaran. Materi yang disampaikan dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 terdiri dari materi mengenai pengenalan uang, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tugas dan fungsi Kementerian Keuangan serta detail kedua belas unitnya, nilai-nilai Kementerian Keuangan serta 9 (Sembilan) nilai anti korupsi. Penyampaian materi dibagi menjadi dua sesi dikarenakan ada pemotongan jam istirahat di antara jam pembelajaran.

Menerima materi baru menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi para siswa, banyak diantaranya yang mengajukan pertanyaan serta pendapat berdasarkan materi yang disampaikan oleh pengajar. Pertanyaan yang diajukan terlihat sangat bervariasi mengingat usia mereka yang sudah mulai berpikir kritis dan kreatif. Kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 ini juga tidak hanya berisi mengenai pemaparan materi, para pengajar juga menyiapkan beberapa permainan singkat, kuis, yel-yel serta tepukan penyemanngat untuk membuat sesi belajar menjadi lebih menyenangkan.

Sesi mengajar yang menghabiskan waktu kurang lebih 3 (tiga) jam ini kemudian diakhiri dengan penulisan surat kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bagi siswa siswi MTs Negeri Singkawang dan menuliskan harapan “Jika Aku Menjadi Menteri Keuangan” bagi siswa SMA Negeri 1 Pemangkat. Surat-surat tersebut akan dikumpulkan dan diserahkan kepada panitia pusat untuk nantinya dibacakan oleh Menteri Keuangan.

Siswa MTs Negeri Singkawang menuliskan dengan semangat surat mereka, terucap beberapa celoteh mereka akan beberapa harapan mereka kepada Menteri Keuangan, tak sedikit dari mereka juga yang berharap suratnya dapat dibacakan dan dibalas. Bagi siswa SMA Negeri 1 Pemangkat, bukan hal mudah menuliskan pengandaian menjadi seorang Menteri, mereka sangat serius menulis cita-cita mereka bila bisa menjadi seorang Menteri.

“Acaranya seru banget ka, kita jadi tau banyak hal baru, semoga tahun depan bisa ada lagi ya ka.” ucap beberapa siswa ketika ditanyakan apa kesan mereka dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 ini. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini