Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Lelang KPKNL Singkawang Sejak Dini
Regina Ria Karolina
Rabu, 16 November 2022   |   98 kali

Singkawang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang kembali mengadakan kegiatan sosialisasi lelang ke sekolah. Kegiatan sosialisasi lelang kali ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Singkawang pada Selasa, (15/11) di ruang seni budaya MAN 1 Kota Singkawang yang diikuti oleh 35 orang siswa dan siswi perwakilan kelas XII IPS serta guru pendamping.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan kegiatan lelang sedini mungkin kepada masyarakat khususnya siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dan sederajat. Hal tersebut kemudian disambut baik oleh pihak MAN 1 Kota Singkawang dengan tujuan menjadikan kegiatan ini sebagai variasi pembelajaran bagi anak didiknya sebelum menempuh jalur pendidikan selanjutnya.

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan penyampaian sambutan oleh Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan Bapak Rian sebagai perwakilan sekolah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih serta antusiasme  dan semangat para siswa dalam kegiatan ini. Selanjutnya disampaikan sambutan sekaligus tanda dimulainya kegiatan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Singakawang Nurrino Darmawan selaku perwakilan KPKNL Singkawang.

Sebelum memasuki materi lelang, Regina Ria Pelaksana Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Singkawang selaku moderator memperkenalkan terlebih dahulu mengenai tugas, fungsi serta lokasi dari KPKNL Singkawang. Selanjutnya disampaikan materi sosialisasi lelang yang mengambil judul “Pelaksanaan Lelang dan Simulasinya”. Materi disampaikan oleh Arifin selaku Pejabat Lelang Pertama KPKNL Singkawang. Penyampaian materi dengan pembawaan yang santai serta disisipkan humor membuat para siswa antusias dalam menyimak materi lelang yang disampaikan.

“Lelang sekarang ini bukan seperti jaman saya dulu lagi yang harus jauh-jauh ke lokasi untuk menawar. Kita sekarang bisa sambil santai mengajukan penawaran lewat aplikasi lelang.go.id” ujar Arifin dalam pemaparannya.

Materi yang dipaparkan dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu lelang, lelang online dan simulasi lelang. Pengenalan teori dasar lelang ini dilakukan untuk mengenalkan kepada siswa dan siswi mengenai tata cara lelang serta istilah-istilah yang digunakan. Materi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai lelang online melalui situs lelang.go.id. Pemateri memandu para siswa secara langsung bagaimana cara mendaftar dan membeli produk lelang di situs tersebut agar mudah dimengerti oleh para siswa.

Sebelum memasuki materi simulasi lelang, pemateri serta moderator juga mengenalkan media sosial KPKNL Singkawang yaitu YouTube dan Instagram sebagai salah satu media informasi lelang saat ini. Dalam kesempatan ini juga diberikan hadiah menarik bagi para siswa yang berani menjawab kuis yang diberikan pemateri.

Antusiasme para peserta sosialisasi lelang semakin meningkat ketika dilaksanakan kegiatan simulasi lelang. Para siswa dan siswi diperkenankan melakukan penawaran objek lelang berupa 2 (dua) buah diska lepas (flash disk) dengan kapasitas 32 GB. Pemateri membuka nilai limit mulai dari Rp10.000,00 dengan penawaran kelipatan Rp2.000,00. Peserta kemudian mengajukan penawaran dengan mengacungkan tangan secara bergantian untuk mendapatkan diska lepas yang ditawarkan.  Akhirnya ditentukan 2 (dua) orang siswa dengan penawaran tertinggi yang mendapatkan diska lepas tersebut.  Awalnya para siswa yang menjadi pemenang lelang mengira bahwa mereka benar-benar harus membayar barang yang dilelang tersebut, namun pemateri kemudian menyampaikan kejutan bahwa diska lepas hasil lelang dapat menjadi milik mereka secara gratis.  Sontak kegembiraan mewarnai kedua siswa yang menjadi pemenang lelang tersebut.

Kegiatan yang berlangsung seru tersebut ditutup dengan ucapan terima kasih serta foto bersama tim KPKNL Singkawang serta murid dan guru pendamping MAN 1 Kota Singkawang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini