Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum SERASI KPKNL Singkawang Minggu Keempat Agustus 2022
Retno Nur Indah
Jum'at, 26 Agustus 2022   |   70 kali

SERASI, forum diskusi internal yang diikuti oleh seluruh jajaran KPKNL Singkawang, berhasil dilaksanakan hingga pekan terakhir bulan Agustus 2022. Pada pekan keempat ini Serasi dilaksanakan pada hari Selasa hingga Kamis dengan mengangkat materi-materi yang ringan namun informatif sekaligus sarat akan motivasi.

Selasa (23/08/2022) diskusi Serasi diadakan secara luring di Ruang Poteng KPKNL Singkawang dengan pemateri Martha Nelly. Pejabat Fungsional Pelelang ini menyampaikan materi informatif berjudul “Sejarah Kacamata”. Kacamata adalah lensa tipis untuk mata guna menormalkan dan mempertajam penglihatan. Kacamata merupakan benda yang sangat penting untuk banyak orang karena dapat membantu mata guna menormalkan penglihatan. Terkait sejarah kacamata, pemateri menceritakan bahwa kacamata pertama kali digunakan oleh Nero, seorang kaisar Romawi yang berkuasa pada tahun 54 sampai 68 Masehi. Pemateri menambahkan bahwa sumber lain menyatakan bahwa penemuan dan penggunaan kacamata pertama di dunia sudah dikenal oleh masyarakat Tiongkok. Baik sejarah versi kaisar Romawi maupun masyarakat Tiongkok secara lebih detail disampaikan oleh pemateri dihadapan seluruh pegawai KPKNL Singkawang yang menjadi audiens.

Rabu (24/08/2022) Serasi diisi dengan penyampaian materi oleh Ratna Astuti. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi dengan tema seputar dunia kesehatan yakni “Kesehatan Jiwa”. Mengutip pendapat ahli, pemateri menyampaikan 4 kriteria jiwa seseorang berada dalam keadaan sehat, diantaranya : (1) Dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari dirinya atau mengetahui potensi diri, (2) Mampu mengatasi konflik dalam kehidupannya, (3) Dapat berlaku produktif yakni bermanfaat bagi diri dan orang lain, dan (4) Mempunyai peran aktif dalam komunitas atau lingkungannya. Pemateri menambahkan jika tidak memiliki salah satu saja kriteria tersebut maka seseorang bisa dikategorikan sebagai orang dengan masalah kejiwaan atau orang dengan gangguan jiwa.

Kamis (25/08/2022) adalah giliran Retno Nur Indah menjadi pemateri pada diskusi Serasi. Kepala Seksi Piutang Negara ini menyampaikan materi dengan judul “Seni Berbenah”.  Ternyata berbenah ada seninya, kadang keinginan berbenah terkendala rasa malas. Berbenah penting dilakukan secara rutin ketika keadaan berawal dari munculnya clutter, yakni kekacauan atau sesuatu yang tidak menyenangkan, baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun dalam rumah ketika benda-benda berserakan. Pemateri selanjutnya menjelaskan perihal cluttter dengan menyampaikan akar masalahnya, sejumlah penyebab rumah kita berantakan, beberapa model pembenahan yang populer namun tidak efektif hingga menyebabkan stres, 9 home safety rules agar rumah selalu rapi, bersih, tertata, aman, dan nyaman. Dan pada bagian akhir penjelasan sebelum dibuka sesi tanya-jawab, pemateri membagikan 6 kiat langkah dalam berbenah.

Penulis : Gusti Juliansyah     

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini