Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi KPKNL Singkawang dengan Diskumindag dan Bank Kalbar Landak Urus Piutang Negara
Retno Nur Indah
Selasa, 26 Juli 2022   |   146 kali

Pada hari Kamis-Jumat, 21-22 Juli 2022, Seksi Piutang Negara (PN) KPKNL Singkawang melaksanakan penyampaian Surat Paksa sekaligus penagihan langsung kepada debitur piutang negara/daerah yang berasal dari penyerahan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Landak. 

Tim Seksi PN yang terdiri dari Granthis, Supriyadi, dan Plt. Kepala Seksi PN Retno Nur Indah dengan pengawasan dari Ayu Seger Miranda Pamungkas dari Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Singkawang melaksanakan kegiatan tersebut bersama dengan Albina Elsye Elvine, staf Diskumindag Kab. Landak, dan Takeda Matsukura, staf Bank Kalbar Capem Karangan, Landak.  Piutang yang berasal dari penyerahan Diskumindag Kab. Landak tersebut merupakan piutang Kredit Modal Kerja (KMK) - Kredit Usaha Kecil (KUK) dengan pola Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (PER) yang disalurkan melalui Bank Kalbar Cabang Ngabang dengan pola channeling.  

Piutang dengan pola channeling adalah pola penyaluran dana oleh pemerintah kepada masyarakat melalui perbankan atau lembaga pembiayaan nonperbankan dimana pemerintah menanggung risiko kerugian apabila terjadi kemacetan.

Piutang macet dari Diskumindag Landak ini sebelumnya ditangani oleh KPKNL Pontianak, namun dengan terbitnya PMK nomor 154/PMK.01/2021 tanggal 28 Oktober 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, wilayah Kabupaten Landak menjadi wilayah kerja KPKNL Singkawang.  Dengan terbitnya PMK tersebut, pengurusan piutang di wilayah Kabupaten Landak diurus oleh KPKNL Singkawang.

Pagi-pagi sekali, Tim Seksi PN bertolak dari Singkawang menuju Kecamatan Sompak yang merupakan destinasi pertama dari debitur yang akan dikunjungi.  Medan yang dilalui cukup berat mengingat jalan yang rusak dengan lubang-lubang yang besar serta jurang dan tebing di kiri kanan jalan serta melintasi hutan dan kebun kelapa sawit.  Setelah sampai di Kecamatan Sompak, staf kecamatan mengantarkan rombongan untuk menuju kantor Desa Galar guna mencari keterangan terkait alamat debitur.  Staf desa menyampaikan bahwa debitur yang dicari sudah meninggal dunia, namun anak debitur tinggal tidak jauh dari kantor desa dan segera dipanggil ke kantor desa sehingga pemberitahuan Surat Paksa dapat dilaksanakan.

Selanjutnya tim bertolak ke Kecamatan Mempawah Hulu untuk melaksanakan pemberitahuan Surat Paksa kepada 4 debitur lain.  Sesampainya di Kecamatan Mempawah Hulu, tim menemui Plt. Sekretaris Camat Mempawah Hulu, yakni Bp. Hendry Riyadsyah yang bersedia menyampaikan pemberitahuan Surat Paksa tersebut kepada sebagian debitur mengingat Bp. Hendry Riyadsyah juga merupakan Plt. Kepala Desa dari debitur dimaksud. 

Hari mulai gelap ketika tim bertolak ke debitur terakhir yang beralamat di Desa Tiang Tanjung dan akhirnya berhasil menemui debitur di kediamannya serta melaksanakan pemberitahuan Surat Paksa.

Tim merasa berterima kasih atas kerjasama perangkat desa dan kecamatan mengingat lokasi yang dituju sulit untuk dicapai dan nyaris tidak ada sinyal ponsel yang dapat digunakan untuk mengaktifkan google maps dalam mencapai lokasi.  Selain itu, tim juga berterima kasih atas sinergi dan kerjasama dari staf Diskumindag Kabupaten Landak dan Bank Kalbar Capem Karangan yang sangat sigap.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini