Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum Serasi KPKNL Singkawang Periode Minggu Ketiga Juni 2022
Retno Nur Indah
Senin, 20 Juni 2022   |   79 kali

Senin (13/06/2022) Serasi hari pertama minggu ketiga bulan Juni 2022 diisi dengan penyampaian materi oleh Ratna Astuti, Kepala Seksi PKN pada KPKNL Singkawang. Pada kegiatan serasi yang diselenggarakan secara luring ini membahas materi dengan tema “Bijak dan Santun dalam Penggunaan Jejaring Sosial”. Pemateri mendefinisikan jejaring sosial sebagai teknologi informasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan bertukar konten, informasi dan/atau dokumen elektronik. Jejaring sosial dapat berupa: Media Sosial (Facebook, Path, Twitter, Whatsapp, Snapchat, Instagram, dll), Jurnalisme warga (Kompasiana, Indonesiana, dll), Blog (Wordpress, Blogspot, dll), Forum dan milis (Kaskus, IDWS, DetikForum, dll). Selanjutnya pemateri menyampaikan tiga latar belakang pentingnya bersikap yang tepat terkait penggunaan jejaring social yakni frekuensi penggunaan jejaring social yang sangat tinggi diseluruh rentang usia, Kondisi politik & keamanan saat ini yang rentan terhadap pergesekan elemen masyarakat dan berpotensi menimbulkan perpecahan, dan Terdapat pengaduan/kasus terkait penggunaan jejaring sosial oleh pegawai yang melanggar aturan. Kemudian pada bagian inti pemateri memaparkan sejumlah larangan pada aktivitas penggunaan jejaring social baik dalam konteks hukum yang mengacu pada peraturan perundang-undangan hingga dalam konteks disiplin PNS yang bersumber dari peraturan pemerintah, peratuhan menteri hingga kode etik pegawai.

Selasa (14/06/2022) Serasi diisi dengan penyampaian materi oleh Eko Budi Hariyanto, Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang, dengan judul “8 Penyakit yang Bisa Sembuh dengan Berjalan Kaki”. Berjalan kaki ternyata manfaatnya banyak sekali. Jika selama ini kita belum terbiasa atau malas untuk berjalan, maka sebaiknya anda pikirkan kembali. Menurut satu penelitian, berjalan bisa mengurangi 8 jenis penyakit. Bahkan bisa menyembuhkan penyakit tersebut tanpa harus mengeluarkan uang. delapan penyakit tersebut disampaikan oleh pemateri diantaranya adalah : (1) Serangan Jantung, (2) Stroke, (3) Membakar Lemak, (4) Melangsingkan Badan, (5) Kanker, (6) Osteoporosis, (7) Diabetes, dan (8) Depresi.

Rabu (15/06/2022) adalah giliran Arifin menyampaikan materi pada diskusi Serasi. Pejabat Fungsional Pelelang pada KPKNL Singkawang ini menyampaikan tema materi yang bertepatan dengan bulan Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Pemateri menjelaskan tentang arti lambang Pancasila. Pancasila sebagai symbol, falsafah, ideologi dan sumber hukum pada setiap bagiannya memiliki arti yang sangat filosofis bagi Bangsa Indonesia. Pemateri beralasan pentingnya setiap individu memahami arti yang terkandung didalamnya agar diperoleh pemahaman yang utuh untuk selanjutnya diinternalisasi dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Beberapa bagian dari symbol dalam Pancasila beserta maknanya disampaikan pemateri dihadapan audience diantaranya burung Garuda, cengkraman kaki Burung Garuda, warna emas,  jumlah bulu yang terkait hari kelahiran NKRI, dan perisai yang merupakan lambing perjuangan dan perlindungan.

Kamis (16/06/2022) materi Serasi disampaikan oleh Martha Nelly yang merupakan Pejabat Fungsional Pelelang pada KPKNL Singkawang. Martha Nelly menyampaikan materi dengan judul “5 Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Bahagia”. Lima tips disampaikan pemateri diantaranya : (1) Cobalah untuk merasa senang yaakni dengan bersikap terbuka pada aktivitas baru dan menyenangkan, (2) Belajar mencintai diri sendiri yakni dengan mencoba melakukan self-compassion, misalnya dengan membayangkan apa yang akan kita katakan pada seorang teman pada situasi yang sama, (3) Buatlah pengalaman menyelangkan terasa selama mungkin, caranya renungkan satu atau dua dalam hidup kita selama dua hingga tiga menit setiap hari, (4) Follow social media influencer yang memberi inspirasi dan motovasi, dan (5) Melakukan meditasi rutin.

SERASI atau Setiap Hari Informasi dan Inspirasi, adalah forum diskusi yang diadakan dan diikuti serta sebagai wadah berbagi informasi bagi seluruh pegawai di KPKNL Singkawang. Kegiatan diadakan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 dan pemateri diisi secara bergiliran oleh pegawai dengan materi ringan namun informative dan inspiratif. (gusti)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini