Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peningkatan Soft Competency Pegawai KPKNL Singkawang di Pulau Lemukutan
Retno Nur Indah
Kamis, 02 Juni 2022   |   131 kali

Bengkayang (1 Juni 2022) KPKNL Singkawang mengadakan kegiatan peningkatan soft competency bagi para pegawainya melalui In-House Training (IHT) yang bertempat di Pulau Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang yang merupakan wilayah kerja KPKNL Singkawang.

Kegiatan IHT dimulai dengan upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan oleh seluruh pegawai KPKNL Singkawang di Ruang Rapat Gunung Poteng dengan menyaksikan siaran langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang disiarkan dari Ende, Nusa Tenggara Timur.  Setelah upacara selesai, seluruh pegawai KPKNL Singkawang, baik ASN maupun PPNPN bertolak ke Pulau Lemukutan yang terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya.

IHT diisi dengan pengarahan dari Kepala KPKNL Singkawang, Odyses Medwan Sinurat yang menyampaikan bahwa kegiatan IHT diharapkan lebih menumbuhkan semangat kebersamaan dan lebih memperkuat nilai-nilai Kementerian Keuangan di kalangan pegawai KPKNL Singkawang. Selanjutnya Ketua IHT yang merupakan Kasubbag Umum, Eko Budi Hariyanto menyampaikan materi nilai-nilai Kementerian Keuangan yakni Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan.  Kemudian materi dengan tema   "Siap Menghadapi Tantangan dan Perubahan" disampaikan oleh Agen Perubahan, Dhyan Virawan Suhendra. Dhyan yang merupakan Pejabat Fungsional Penilai Pratama menyampaikan bahwa perubahan merupakan sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh setiap orang.  Adapun tips untuk menghadapi perubahan yakni kolaborasi, kumpulan kemampuan, dan pola pikir yang berkembang (collaboration, skill set, dan growth mindset).  Selanjutnya IHT diisi dengan berbagai games (permainan) yang bertujuan untuk lebih meningkatkan nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Permainan yang dilakukan dalam IHT ini antara lain adalah Baloon Train, Lava Walk, dan Bridging Ball.  Ketiga permainan tersebut disusun dan dipimpin oleh para Agen Perubahan KPKNL Singkawang, yakni Eko Budi Hariyanto, Dhyan V. Suhendra, Ayu Seger Miranda, dan Velient Vinandha. Selain itu, terdapat 2 games tambahan berupa ice breaking dari Kepala KPKNL Singkawang yang dilakukan sebelum games dari Agen Perubahan dimulai. Seluruh permainan dilakukan oleh kelompok yang dibagi melalui undian oleh para agen perubahan.  Terdapat 3 kelompok, yakni kelompok Gembira, Optimis, dan Semangat yang merupakan simbol dari yel-yel KPKNL Singkawang “GoES”. Permainan dalam IHT ini mengharuskan kerjasama yang kompak yang merupakan manifestasi dari nilai-nilai Kementerian Keuangan.  Setelah games selesai dilakukan pembagian hadiah bagi Juara I, II, dan III berupa makanan ringan untuk dinikmati bersama.   

Antusiasme dari seluruh pegawai KPKNL Singkawang dalam mengikuti IHT nampak dengan IHT yang berjalan seru dan penuh semangat.  Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi pegawai KPKNL Singkawang untuk meningkatkan kinerja dan lebih memperkuat nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini