Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penggalian Potensi Lelang BMD Kabupaten Bengkayang
Retno Nur Indah
Jum'at, 20 Mei 2022   |   140 kali

Salah satu tahap dalam siklus pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah adalah kegiatan pemindahtanganan dan penghapusan. Pemindahtanganan adalah pengalihan kepemilikan Barang Milik Negara/Daerah.  Adapun penghapusan adalah tindakan menghapus Barang Milik Negara/Daerah dari daftar barang dengan menerbitkan keputusan dari pejabat yang berwenang untuk membebaskan Pengelola Barang, Pengguna Barang, dan/atau Kuasa Pengguna Barang dari tanggung jawab administrasi dan fisik atas barang yang berada dalam penguasaannya.  Terdapat berbagai bentuk pemindahtanganan dan penghapusan Barang Milik Negara/Daerah, diantaranya adalah penjualan melalui lelang.    

Lelang yang merupakan salah satu tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) c.q. Kantor Pelayanana Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) merupakan salah satu sumber Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Dalam rangka menggali potensi lelang Barang Milik Daerah, KPKNL Singkawang yang diwakili oleh Pelelang Ahli Muda, Martha Nelly dan Pelelang Ahli Pertama, Arifin mengunjungi Pemerintah Kabupaten Bengkayang, yakni Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) serta Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkayang.

Pada kesempatan tersebut, Martha Nelly dan Arifin menjelaskan mengenai prosedur dan tata cara lelang Barang Milik Daerah kepada pejabat dan pegawai BPKAD dan Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkayang.  Kehadiran tim KPKNL Singkawang disambut dengan hangat dan ramah oleh tuan rumah, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan terkait lelang Barang Milik Daerah.  Tim KPKNL Singkawang pun dengan antusias memberikan penjelasan, dari mulai cara pembuatan akun lelang pada lelang.go.id sampai dengan syarat-syarat lelang.  Selanjutnya tim juga melaksanakan kegiatan peninjauan lapangan atau cek fisik kendaraan dinas yang akan diusulkan untuk dilelang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini