Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Topik Banjir Mendominasi Forum SERASI Pekan Keempat November 2021
Retno Nur Indah
Jum'at, 26 November 2021   |   109 kali

SERASI atau Sepekan Informasi dan Inspirasi, forum diskusi ringan dan inspiratif yang diadakan setiap hari Senin hingga Kamis di KPKNL Singkawang telah memasuki pekan keempat bulan November 2021. Kegiatan diskusi dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan berlangsung lebih kurang satu jam melalui media Zoom Meeting.

SERASI pekan keempat bulan November 2021 dimulai pada hari Senin, 22 November 2021. Pemateri diisi oleh Martha Nelly, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Singkawang. Materi yang diketengahkan adalah Cara Menghadapi Banjir. Tema tersebut diangkat tentu tidak bisa dilepaskan dari konteks kondisi di akhir tahun berupa tingginya curah hujan di wilayah Kalimantan Barat.  Bahkan di beberapa kabupaten, hal tersebut menyebabkan terjadinya bencana banjir yang berlangsung lebih dari tiga minggu. Ada sejumlah penyebab terjadinya banjir yang secara umum disebabkan oleh dua faktor, yakni perilaku manusia dan murni sebagai gejala alam. Pemateri menguraikan beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk menghindari kerugian baik material maupun non material ketika bencana banjir terjadi dan sulit terelakkan, terutama ketika musim hujan tiba.

Selasa 23 November 2021, adalah giliran Sandhi Arifani menyampaikan materi. Materi pada kesempatan ini mengangkat tema seputar dunia kesehatan yakni manfaat buah mengkudu dan air kelapa ijo. Dengan menyimak penyampaian materi audience memperoleh pengetahuan baru mengenai manfaat buah yang mudah ditemui diberbagai tempat tropis ini. Manfaat meliputi yang terkandung dalam buah mengkudu  meliputi : (1) Membantu mengatasi arthritis, (2) Meningkatkan kekebalan tubuh, (3) Membantu menurunkan kolesterol, (4) Menurunkan gula darah, dan terakhir (5) Membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat berolahraga.  Adapun buah kelapa ijo sering dimanfaatkan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, terutama bagian daging buah dan airnya.  Bahkan akhir-akhir ini, air kelapa ijo banyak dicari karena dianggap dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Rabu, 24 November 2021 adalah giliran Arifin mengisi materi pada SERASI ketiga minggu keempat bulan November 2021. Pemateri yang merupakan Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama ini memilih mengangkat tema materi masih soal banjir namun kali ini lebih spesifik berbagi informasi mengenai lokasi rawan banjir disejumlah titik di Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Bengkayang. Pemateri menyebut bahwa setiap audience yang merupakan pegawai KPKNL Singkawang baik dalam beraktivitas maupun kegiatan dinas perlu ditunjang dengan pengetahuan seputar titik-titik rawan banjir sehingga menghindari kendala dan penghambat ketika berada atau harus bertugas di wilayah yang memang “langganan” banjir ini.

Kamis, 25 November 2021 kegiatan serasi berlanjut dengan pemateri Decky Fitriadi. Pejabat Fungsional Penilai Ahli Pertama ini mengangkat tema “Fakta Unik dan Aneh di Antartika”. Pemateri memaparkan sejumlah keunikan benua seluas 14 km2 yang menjadi salah satu kutub bumi ini, diantaranya (1) Suhunya yang dingin hingga sempat mencapai titik terendah yakni -97 derajat celcius, (2) Ditemukan air terjun “darah”, (3) Wilayah memiliki lembah yang paling kering di dunia, (3) Tidak ada zona waktu, (5) Tidak ada spesies reptil disana, (6) Jarang terjadi hujan, (7) Tidak ada penduduk yang menetap di Antartika. Dengan mengenal keunikan wilayah tersebut sedikit banyak akan menambah pengetahuan sekaligus kecintaan akan bumi sebagai tempat hidup manusia.

Penulis : Gusti Juliansyah     

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini