Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum Knowledge Sharing Bulan November 2021
Retno Nur Indah
Kamis, 25 November 2021   |   98 kali

Knowledge Sharing, forum berbagi informasi sebagai bagian dari kegiatan learning organization (LO) di KPKNL Singkawang bulan November ini terlaksana sebanyak tiga kali yakni pada tanggal 3, 17, dan 25 November 2021. Kegiatan berbagi informasi dan diskusi yang diikuti oleh seluruh pegawai dan berlangsung lebih kurang tiga puluh menit ini diadakan lewat media Zoom Meeting sehingga selaras dengan upaya physical distancing guna menekan penyebaran Covid-19.

Rabu, 03 November 2021 atau pekan pertama bulan November 2021 Knowledge Sharing diisi oleh Decky Fitriadi. Pejabat fungsional Penilai Pratama pada KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi yang sesuai dengan bidang tugasnya yakni Penilaian Bangunan. Penilaian terhadap bangunan dipandang penting dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan untuk memberikan nilai ekonomis pada bangunan. Pemateri menjabarkan secara detail mengenai penilaian terhadap bangunan seperti definisi bangunan dan juga beberapa komponen dan struktur bangunan. Kemudian materi berlanjut dengan penjelasan dari pemateri mengenai pendekatan dan metode dalam penilaian yang terdiri dari data pasar, kalkulasi biaya dan pendapatan.

Rabu, 17 November 2021,  giliran Irianto menyampaikan materi pada forum knowledge sharing.  Pegawai pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi mengenai Perlengkapan (Supplies) dan Peralatan (Equipment) dalam Akuntansi. Diawal pemaparan pemateri menekankan pentingnya kemampuan manajerial dalam semua bidang pekerjaan sehingga setiap pekerjaan dapat ditatakelolakan dengan baik, termasuk bagi para pengelola persediaan untuk setiap perkantoran. Hanya saja ada satu kekeliruan bagi beberapa pengelola persediaan yang masih sering ditemui yakni kegagalan membedakan antara perlengkapan (supplies) dan peralatan (equipment). Kekeliruan ini sekalipun dipandang sederhana namun dapat mempengaruhi kualitas tatakelola maupun pelaporan persediaan pada kantor. Perbedaan keduanya lebih mudah diketahui dengan merumuskan ciri-ciri yang merupakan perlengkapan dan ciri-ciri yang merupakan peralatan. Masing-masing ada tujuh ciri-cirinya dan yang paling memperjelas perbedaan keduanya adalah dalam hal pencatatan pembeliannya. Untuk perlengkapan dicatat sebagai aktiva lancar (current asset) sedangkan peralatan dicatat sebagai aktiva tetap (fixed asset).

Rabu, 24 November 2021, materi knowledge sharing disampaikan oleh Supriyadi.  Pelaksana pada Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang ini mengetengahkan materi mengenai Tahapan/Proses Penerimaan Berkas BKPN. Ada sejumlah tahapan sebelum dinyatakan memenuhi atau tidaknya penetapan permohonan BKPN. Tahapan pertama, menurut pemateri,  adalah terpenuhinya beberapa kelengkapan administrasi seperti Surat Penyerahan Piutang Negara, Lampiran Perincian Hutang, Dasar Hukum dan tanggal Jatuh Tempo. Berkas dan resume diteliti dan jika dinyatakan lengkap menjadi dasar dikeluarkannya Surat Penerimaan Pengurusan Piutang Negara (SP3N) yang ditujukan kepada lembaga penyerah Piutang Negara.  Pembahasan oleh pemateri berlanjut dengan prosedur penting dalam proses penyelesaian Piutang Negara seperti penerbitan surat panggilan dan Surat Paksa.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini