Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum Serasi Pekan Kedua November 2021
Retno Nur Indah
Jum'at, 12 November 2021   |   107 kali

Forum diskusi dan berbagi informasi pada KPKNL Singkawang, yakni Sepekan Informasi dan Inspirasi (SERASI) pada pekan kedua bulan November 2021 diadakan pada hari Senin, 08 November 2021 dengan pemateri Ayu Seger Miranda Pamungkas. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan KPKNL Singkawang ini dilaksanakan melalui media zoom. Pemateri yang merupakan Pelaksana pada Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Singkawang ini mengangkat tema “Benefits of Volunteering”. Volunteering yang secara harfiah diartikan sebagai sukarelawan menurut pemateri adalah kegiatan yang dilakukan secara sukarela dan tanpa mendapatkan keuntungan apapun. Lewat kegiatan volunteering, pemateri menjabarkan sejumlah manfaat yang didapat ketika terjun dalam aktivitas sukarelawan seperti melatih soft skills, meningkatkan rasa percaya diri, membangun empati dan kepekaan lingkungan, lebih mudah bersyukur, menjaga kesehatan mental dan setidaknya menjadi sarana memperbanyak relasi.  

Pada Selasa 09 November 2021 forum Serasi mengelaborasi tema tentang Mekanisme Pencairan Dana oleh Lunda Nine Aleva. Pegawai pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang ini menjelaskan secara detail mengenai prosedur pencairan dana yang telah ditetapkan setiap tahun dalam DIPA KPKNL Singkawang. Secara jenjang dan struktur mekanisme, pencairan dana berkaitan dengan beberapa pejabat perbendaharaan yakni Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar  (PPSPM), Bendahara Pengeluaran dan Petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai  (PPABP).  

Pada hari Rabu, 10 November 2021, Serasi ditiadakan karena pegawai KPKNL Singkawang mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan dan dilanjutkan dengan acara Edukasi dan Komunikasi (Edukom) yang mengundang seluruh satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Singkawang. 

Serasi pada Kamis 11 November 2021 diisi oleh Arifatul Faizah, Pelaksana pada Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Singkawang yang membawakan materi bertemakan “Yuk Sayangi Bumi”. Selama lebih kurang tiga puluh menit pemateri menjabarkan banyak hal dimulai dari ancaman kerusakan yang dialami bumi pada saat ini, salah satunya ditandai dengan meningkatnya suhu bumi sehingga berdampak sistemik dan membahayakan bagi penduduk bumi. Kerusakan ini sangat dominan disebabkan oleh perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan dibandingkan dengan kerusakan akibat faktor alam. Pemateri menerangkan sekaligus mengajak audience yang terdiri dari seluruh pegawai untuk memulai berkontribusi bagi penyelamatan bumi yang dimulai dari lingkungan kantor. Kontribusi tersebut dapat diwujudkan dengan sejumlah langkah seperti efisiensi dalam penggunaan energi khususnya listrik dengan penggunaan perangkat listrik seperlunya, mengurangi penggunaan plastik dan kertas tisu juga mengurangi penggunaan kertas kerja secara berlebihan.     

Tulisan & foto : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini