Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum SERASI KPKNL Singkawang di Pekan Pertama November 2021
Retno Nur Indah
Jum'at, 05 November 2021   |   86 kali

Forum SERASI KPKNL Singkawang yang sebelumnya merupakan kepanjangan Senin/Selasa Rencana Aksi dan Evaluasi, saat ini telah berkembang menjadi sarana pengembangan diri dan silaturahmi pegawai KPKNL Singkawang yang dilaksanakan setiap hari, sehingga bisa dikatakan sebagai Setiap hari Rencana Aksi dan Evaluasi.  Forum ini telah berjalan dari bulan September 2021 yang lalu dan saat ini terus bergulir setiap hari dengan berbagai tema yang menarik.  SERASI diadakan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 dimana setiap pegawai membawakan materi secara bergiliran sesuai jadwal yang disusun setiap bulannya. Forum diskusi diselenggarakan menggunakan media zoom dan dikemas dalam suasana santai dengan materi penyampaian yang bertema ringan namun bermuatan informasi, motivasi, dan inspirasi.

Di pekan pertama bulan November ini, SERASI dimulai pada Senin, 1 November 2021 dengan pemaparan materi yang mengusung tema “Burnout Syndrome”. Sebagian kita mungkin masih terasa asing dengan tema tersebut. Maulana Aji Prakoso sebagai pemateri menjelaskan pengertian burnout syndrome adalah salah satu kondisi stress yang berhubungan dengan pekerjaan. Itu sebabnya, kondisi kesehatan yang satu ini juga dikenal sebagai occupational burnout atau job burnout. Kondisi ini, menurut pemateri, ditandai dengan kelelahan secara fisik dan emosional, burnout dipicu oleh stress berat di tempat kerja yang tidak teratasi karena perbedaan ekspektasi karyawan dan kondisi lingkungan kerja. Dalam kesempatan pemaparan Maulana juga menguraikan beberapa faktor pemicu burnout syndrome yang menjadi penyebab baik secara internal maupun eksternal. Pemaparan materi ditutup dengan tips dan cara mengatasi munculnya kondisi stress berupa burnout syndrome ini.

Pada hari berikutnya, Selasa 2 November 2021, Granthis, pegawai Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang menyampaikan bahwa sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi sayur-sayuran. Sayur-sayuran merupakan jenis pangan yang sangat baik untuk memelihara kesehatan karena merupakan sumber vitamin dan mineral. Sebagian kandungannya dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Beberapa sayuran dapat dikonsumsi dalam kondisi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sementara yang lainnya dapat dimasak dengan cara dikukus, direbus dan ditumis. 

Selanjutnya, SERASI ketiga di awal bulan November diadakan pada hari Kamis, 04 November 2021 dengan pemateri Adinda Tri Zenuriasari yang menyampaikan mengenai Modul Penghargaan Pegawai.  Pemateri menyampaikan bahwa Modul Penghargaan ini hadir sebagai respon atas hasil survey Evaluasi Kebijakan Penghargaan di Kemenkeu pada tanggal 4-8 Desember 2020 dimana mayoritas (60%) responden menyatakan perlunya menambahkan penghargaan yang ramah milenial sebagai sarana memberikan reward secara instan dan non-periodik.  Modul ini memiliki mekanisme kerja dimana reward diberikan dalam bentuk bintang yang disesuaikan dengan jenjang jabatan.

Pada SERASI pekan ini sesuai jadwal sedianya diadakan setiap hari Senin hingga Jumat namun hanya terealisasi sebanyak tiga kali yakni Senin, Selasa, dan Kamis.  Eko Budi Haryanto, Kepala Sub Bagian Umum, menyampaikan bahwa pekan ini aktivitas sejumlah pegawai sedang disibukkan dengan sejumlah agenda Pelatihan Jarak Jauh dan sebagian sedang dinas luar kantor dan setiap hari Jumat merupakan Jumat Krida yang diisi dengan kegiatan olahraga di pagi hari.

Penulis : Gusti Juliansyah

Editor : Retno

Foto : Tim HI 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini