Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Singkawang
Berita DJKN

Dukung UMKM, KPKNL Singkawang dan DJKN Kalbar Laksanakan Webinar dan Live Lelang

Jum'at, 10 September 2021   |   52 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang bersama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Mendukung UMKM Merambah Pasar Nasional” pada hari Kamis, 9 September 2021. Turut hadir dalam webinar tersebut, Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Hj. Lismaryani Sutarmidji.

Kepala Kanwil DJKN Kalbar - Edward Nainggolan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa webinar ini merupakan rangkaian kegiatan Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang UMKM yang diikuti juga oleh KPKNL di wilayah Kalbar.  Edukasi mengenai lelang juga telah dilaksanakan melalui acara talk show Bincang 56 di TVRI Kalbar.  Diharapkan seluruh komponen terkait dapat meningkatkan sinergi dalam pengembangan UMKM Kalbar dan mengatasi permasalahan struktural UMKM di Kalbar, yakni kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), permodalan, kualitas dan kuantitas produk, serta pemasaran.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban menyampaikan bahwa permasalahan struktural UMKM harus dicari solusi oleh para pihak terkait.  Menyadari kondisi tersebut, DJKN berupaya untuk membantu UMKM, terutama meningkatkan pemasaran melalui lelang agar dapat merambah pasar nasional.  DJKN berupaya agar pelaku UMKM dapat menggunakan fasilitas lelang elektronik untuk memperluas pemasaran sebagai wujud adaptasi dan resiliensi atas perubahan yang terjadi.  Diharapkan lelang dapat menjadi marketplace produk UMKM agar dapat meningkatkan penetrasi pasar. 

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan menyambut baik terselenggaranya webinar yang diinisiasi oleh Kanwil DJKN Kalbar dan berharap selalu terjadi sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan para pelaku usaha, termasuk pemasaran melalui website lelang.go.id.  Pelaku UMKM diharapkan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk agar tidak kalah dari produk daerah lain.  Selain itu, pelaku usaha diharapkan meningkatkan kapabilitas dan memanfaatkan bahan mentah yang merupakan ciri khas daerah agar dapat meningkatkan nilai jual.  Penjualan melalui lelang kiranya dapat menjadi sarana pemasaran yang efektif bagi produk UMKM Kalbar.

Selanjutnya dilakukan pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh Wabup Sambas dengan materi Strategi Pemberdayaan UMKM Sambas Merambah Pasar Nasional dan Global.  Wabup Sambas membagikan pengalamannya dalam membina dan mengembangkan UMKM Sambas melalui program One Village One Product (OVOP) atau Satu Desa Satu Produk Unggulan Lokal. Selain itu, Pemda Kab. Sambas juga mendampingi UMKM dalam pelatihan, memfasilitasi sarana dan produksi, pembiayaan, perizinan, promosi, pemasaran, kemitraan, dan bentuk pendampingan lain yang berkelanjutan.  Kab. Sambas juga akan segera meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) guna meningkatkan kapasitas UMKM dalam mengembangkan potensi unggulan daerah.

Sebagai pengantar materi selanjutnya, Tenaga Pengkaji Harmonisasi Kebijakan (TPHK) DJKN, Djanurindro Wibowo menyampaikan sekilas mengenai dukungan portal lelang terhadap pemasaran produk UMKM. Adapun Kasubdit Bina Lelang II, Erris Eka Sundari.  memperkenalkan seluk beluk lelang sampai dengan cara mengikuti lelang melalui portal lelang.go.id dan aplikasi lelang yang sudah lolos sertifikasi keamanan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), bahkan diberikan pula tips untuk mengidentifikasi penipuan lelang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan secara langsung pelaksanaan lelang atau live lelang produk UMKM Sambas yang terdiri atas 40 lot barang.  Para peserta yang merupakan anggota Dekranasda di Provinsi Kalbar, Dinas Koperasi dan UMKM, pelaku UMKM, stakeholder dan mitra kerja DJKN di Kalbar menyaksikan proses lelang yang ditayangkan pada zoom webinar sampai penentuan pemenang. Melalui live lelang tersebut, peserta menyaksikan bahwa proses lelang berlangsung secara otomatis dan objektif tanpa ada rekayasa.

Secara keseluruhan acara webinar berjalan lancar dan sebagai pemungkas dilaksanakan sesi tanya jawab yang diikuti secara antusias oleh para peserta.  Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk, terutama terkait prosedur dan cara mengikuti lelang.  Webinar ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi para pelaku UMKM agar melakukan pemasaran produk UMKM melalui lelang yang terbukti mudah, objektif, dan aman.  Selain itu, lelang dapat mengoptimalkan harga yang terbentuk yang tentunya menguntungkan bagi pelaku UMKM.  UMKM Kuat, Bangsa Berdaulat!

Penulis : Retno

Foto : Arifa

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |