Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Singkawang
Berita DJKN

KPKNL Singkawang Laksanakan Survei Data Properti untuk Peningkatan Kualitas Hasil Penilaian

Rabu, 14 Juli 2021   |   48 kali

Singkawang- Seksi Pelayanan Penilaian Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang yang diwakili oleh Dhyan Virawan Suhendra dan Regina Ria Karolina melaksanakan Survei Data Properti Tahun 2021 pada tanggal 05 Juli 2021 sampai dengan 09 Juli 2021. Survei ini dilaksanakan di sekitar kota Singkawang dengan objek survei berupa transaksi atau penawaran tanah dan/atau sewa tanah. Kegiatan survei data properti ini dilakukan dengan tahapan pengumpulan data awal dan pelaksanaan survei data.

Sebelum melakukan survei data ke lapangan, tim KPKNL terlebih dahulu menyiapkan data awal yang ada dalam SIP Modul Data Pembanding. Setelah melaksanakan survei dan mendapatkan data hasil, tim selanjutnya melakukan input data pada aplikasi survei data yang berbasis android atau berbasis web.

Survei Data Properti dilaksanakan sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas hasil penilaian dan peningkatan layanan penilaian melalui penguatan basis data penilaian. Dalam pelaksanaan penilaian dengan menggunakan pendekatan pasar, kuantitas dan kualitas data dan informasi terkait ojek pembanding memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas dan akuntabilitas hasil penilaian dan mempercepat penyelesaian layanan penilaian.

Kegiatan survei data properti telah dilakukan sejak tahun 2017 dan masih berlanjut pada tahun 2021 ini. Kegiatan survei data properti tahun 2021 ditargetkan secara nasional dapat menghasilkan 15.990 data properti. Adapun target pada KPKNL Singkawang sebanyak 180 data. Objek survei data properti yaitu berupa data transaksi/penawaran tanah, data transaksi/penawaran sewa lahan/ruang untuk penempatan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan/atau data transaksi/penawaran sewa tanah.

Survei ini dilaksanakan pada objek survei yang berada dalam satu kota/kabupaten dengan tempat kedudukan KPKNL, sehingga KPKNL Singkawang melakukan survei di wilayah kota Singkawang. Objek survei merupakan data baru dan/atau data pembaharuan dari data hasil survei tahun 2017 sampai dengan tahun 2020.

Penulis : Arifatul Faizah/HI KPKNL Singkawang

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |