Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Singkawang
Berita DJKN

Optimalisasikan Aset dengan Pelaksanaan Evaluasi Kinerja BMN

Kamis, 17 Juni 2021   |   64 kali

Bengkayang – Selasa (15/06/2021) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang yang diwakili oleh Ratna Astuti selaku kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) dan Vicencia Mita H selaku anggota tim melakukan evaluasi kinerja Barang Milik Negara (BMN) atau dikenal juga dengan kegiatan portofolio aset.

Kegiatan portofolio aset kali ini dilaksanakan pada Satuan Kerja Kepolisian Resor Bengkayang dan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Harry Hadisoemantri di Kabupaten Bengkayang. Kegiatan evaluasi kinerja BMN dilakukan dalam rangka mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara dan survey pengukuran kinerja BMN. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan layanan publik Kementerian/Lembaga, penghematan biaya dan optimalisasi BMN, serta optimalisasi dan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari pengelolaan BMN.

Kegiatan portofolio aset dilakukan dengan cara pengumpulan data dengan metode wawancara dengan satuan kerja terkait dengan data pemeliharaan dan operasional serta memastikan lokasi aset yang menjadi target portofolio aset KPKNL Singkawang. Polres Bengkayang menjadi satuan kerja pertama yang didatangi pada kegiatan portofolio aset di Kabupaten Bengkayang ini. Ratna menyampaikan maksud dan tujuan dari kedatangannya. Selanjutnya tim KPKNL Singkawang melakukan kegiatan wawancara dengan Albertus dan Chandra yang merupakan operator BMN pada Polres Bengkayang. Objek portofolio aset pada Polres Bengkayang yaitu berupa tanah dengan nilai diatas Rp5 miliar  sejumlah 3 (tiga) Nomor Urut Pendaftaran (NUP).

Selanjutnya tim melanjutkan perjalanan menuju Lanud TNI AU Harry Hadisoemantri yang berada di Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Kali ini tim bertemu dengan Yogyo dan Freddy yang merupakan Operator BMN pada Lanud TNI AU Harry Hadisoemantri. Setelah menjelaskan maksud dan tujuannya, Ratna kemudian melakukan wawancara dan memastikan lokasi aset yang menjadi target portofolio aset pada Lanud TNI AU Harry Hadisoemantri. Objek portofolio aset pada Lanud TNI AU Harry Hadisoemantri yaitu berupa tanah dan bangunan sejumlah 3 (tiga) NUP.

Setelah mendapatkan data pemeliharaan dan operasional serta memastikan lokasi aset, tim menyampaikan bahwa aset-aset yang ada harus dilakukan optimalisasi agar dapat lebih dimanfaatkan dan digunakan secara maksimal. Selain itu Ratna juga menyampaikan bahwa selain dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk kepentingan negara dan masyarakat, aset juga dapat memberikan sumbangsih pada Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Pengelolaan BMN.

Data-data yang telah didapatkan selanjutnya akan dilakukan pengolahan menggunakan aplikasi portofolio aset. Aplikasi ini digunakan untuk mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan output berupa laporan yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam mengambil keputusan untuk menentukan arah kebijakan dalam pengelolaan kekayaan negara.  Apabila terdapat aset yang nilainya buruk maka feedback dari kegiatan ini bagi satuan kerja yaitu berupa rekomendasi untuk lebih dapat mengoptimalkan aset tersebut sehingga dapat memperbaiki struktur portofolio aset negara.

 

Penulis dan foto : Arifatul Faizah/ Seksi HI KPKNL Singkawang

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |