Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Monitoring dan Evaluasi Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Atas Kegiatan Penilaian Kembali BMN Tahun 2017-2018
Arifatul Faizah
Senin, 21 Oktober 2019   |   191 kali

Rabu (16/10), KPKNL Singkawang mengadakan acara Monitoring dan Evaluasi Tindak Lanjut Rekomendasi BPK atas Kegiatan Penilaian Kembali BMN  Tahun 2017-2018. Acara ini dihadiri oleh 70 Satker di wilayah kerja KPKNL Singkawang, yang merupakan target satker untuk dilakukan Penilaian Kembali BMN Tahun 2017-2018.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Dwi Riskon yang dalam sambutannya Dwi Riskon menyampaikan 3 hal yang menjadi fokus utama pada kegiatan monitoring dan evaluasi kali ini. Pertama bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memantau sejauh mana satuan kerja melakukan tindak lanjut rekomendasi BPK atas pelaksanaan Penilaian Kembali BMN tahun 2017 – 2018. Kedua adalah pemberian bimbingan teknis kepada satuan kerja  untuk senantiasa tertib didalam melakukan  Wasdal BMN dan ketiga mengenai penggunaan aplikasi SIMANTAP untuk tertib data BMN berupa tanah.

Dalam paparannya Dwi Riskon memberikan panduan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan oleh satker guna menindaklanjuti rekomendasi BPK  atas Revaluasi BMN dan mengingatkan satker untuk sementara waktu tidak melakukan perubahan data di aplikasi SIMAN, karena pihak BPK RI sedang melakukan pemeriksaan atas hasil Penilaian Kembali BMN di DJKN dan diperkirakan bulan November-Desember 2019 hasil pemeriksaan BPK RI selesai.

Materi sesi kedua disampaikan oleh Maulana Aji Prakoso mengenai penginputan data pada plugin wasdal di aplikasi SIMAN dan penginputan data pada aplikasi SIMANTAP. Sesi ini suasana diskusi interaktif dengan beberapa pertanyaan dan dialog  satker. Maulana menyampaikan bahwa data yang dipersiapkan disesuaikan dengan data pengelolaan BMN yang akan dimasukkan berupa penetapan/persetujuan pengelolaan BMN atau berupa tindak lanjut atas persetujuan yang telah diterbitkan oleh Pengelola Barang. Adapun pertanyaan mengenai aplikasi SIMANTAP terkait kendala didalam melakukan backup data SIMANTAP. Maulana menyarankan agar para operator SIMANTAP tetap melakukan backup aplikasi SIMANTAP dengan cara meng-copy folder SIMANTAP untuk kemudian disimpan pada media penyimpanan yang lain.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini