Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penguatan Kualitas SDM Menuju Indonesia Maju
Valentinus Aski Rizky Rahaditya
Kamis, 29 Agustus 2019   |   615 kali

Inilah tema yang diusung oleh KPKNL Singkawang untuk Forum Group Discussion (FGD) SDM Bagian Umum yang diadakan tanggal 27 s.d 28 Agustus 2019 di KPKNL Singkawang. Tema ini terinspirasi dari Pidato Kenegaraan Bapak Presiden Joko Widodo pada saat HUT ke-74 Republik Indonesia, dimana beliau menegaskan bahwa Indonesia tidak akan gentar dalam menghadapi persaingan global. Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, memiliki kreativitas, inovasi dan kecepatan menjadi tolak ukur untuk bersaing secara global sehingga mampu melompati bangsa-bangsa lain di dunia. Sumber Daya Manusia (SDM) unggul adalah kunci Indonesia masa depan, begitu juga dalam tubuh Kementerian Keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). 

Forum Group Discussion (FGD) dibuka oleh Kepala KPKNL Singkawang, Tetik Fajar Ruwandari, “SDM Kementerian Keuangan harus senantiasa belajar, bekerja cerdas, dan berdedikasi untuk kemajuan Negara Indonesia kita tercinta. Kita harus menjadi contoh dan tolok ukur Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia” ujar Tetik dalam pembukaan singkat FGD kali ini.

Pada sesi pertama ini, Kepala KPPN Singkawang Bapak Bustami hadir berbagi kiat-kiat menjadi kantor WBK/WBBM. Beliau memaparkan bahwa salah satu cara paling mudah dilakukan diantaranya adalah memupuk nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam diri pegawai / PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) yang berada dalam kantor itu sendiri. Kita harus memupuk nilai Integritas di dalam diri kita sejak dini, apabila kita ingin menjadi ASN yang bebas dari korupsi dan selalu mendahulukan kepentingan organisasi daripada kepentingan diri sendiri. Sesi kedua dilanjutkan oleh Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN yang membahas mengenai tugas dan fungsi di bidang kepegawaian yaitu grading, kepangkatan, dan standard hard/ soft competency. Dalam kesempatan ini dipaparkan dokumen-dokumen yang perlu disiapkan bagian umum di kantor vertikal agar proses pengajuan kenaikan pangkat dan grading menjadi lebih cepat selesai. Sesi terakhir pada FGD hari pertama ini ditutup dengan materi Digital Signature, IKPA & IKU Kualitas Anggaran dan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) di lingkup DJKN. Bagian umum di kantor vertikal diminta senantiasa aktif untuk mengingatkan para pegawai yang DS (Digital Signature) nya belum terdaftar, karena kedepannya Kementerian Keuangan sudah menerapkan tandatangan digital untuk menuju green/ e-office dimana penggunaan kertas akan sangat dibatasi. 

FGD hari kedua dimulai dengan sharing session tentang Service Exellence. Seperti kita ketahui Service Exellence (Pelayanan Prima) adalah suatu pelayanan yang terbaik dan memenuhi harapan serta kebutuhan pelanggan/ stakeholder. Narasumber dari  KPPN Singkawang membahas tentang pelayanan prima  ASN harus siap menjadi pelayan bagi kepentingan masyarakat, jangan menjadi pelayan yang asal-asalan dan bercitra buruk di hadapan masyarakat.

Sesi selanjutnya dibawakan oleh Bagian Perlengkapan Sekretariat DJKN yang membahas Penetapan Status Penggunaan (PSP), Penghapusan, Surat Izin Penghunian Rumah Negara, Konstruksi Dalam Pembangunan (KDP) dan Sensus BMN. Sesi ini difokuskan pembahasan percepatan proses pengurusan PSP, Penghapusan, SIP dan Sensus BMN. Bagian Perlengkapan membagikan tip untuk mempercepat alur proses yang selama ini menjadi kendala di unit kerja vertikal. 

Bagian Umum Sekretariat DJKN membahas mengenai arsip dan persuratan yang selama ini dianggap remeh oleh pegawai namun pada kenyataan di lapangan, arsip merupakan hal terpenting dalam siklus kerja para pegawai. Mencari arsip pada kenyataannya akan memakan waktu pegawai apabila dokumen tidak tersusun dan terdokumentasi secara baik. Untuk itu narasumber kali ini memberikan pedoman untuk menyusun dan mendokumentasikan arsip secara baik agar mudah digunakan kembali.

Tiba di penghujung acara FGD, Kepala KPKNL Singkawang Tetik Fajar Ruwandari mengapresiasi seluruh peserta dan narasumber yang berpartisipasi pada FGD kali ini. Beliau berharap para peserta mendapatkan manfaat dan pengetahuan lebih dari materi-materi yang disampaikan oleh narasumber kali ini sesuai dengan tagline pada FGD kali ini yaitu Kualitas Unggul, DJKN Maju. MIMI/LEN/DOM

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini