Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang Laksanakan Lelang Kendaraan dan Alat Berat Pemerintah Kabupaten Sambas
Indra Abdul Mugni
Selasa, 19 Desember 2017   |   613 kali

Singkawang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Singkawang bersama Pemerintah Kabupaten Sambas menggelar lelang terbuka kendaraan bermotor dan alat berat milik Pemkab Sambas di aula utama Kantor Bupati Sambas, Jalan Pembangunan, Kabupaten Sambas, Senin (18/12/2017).

Pelaksanaan lelang kali ini dilakukan dengan sistem e-Konvensional, dimana proses pendaftaran dilakukan melalui internet, sedangkan pelaksanaan penawaran secara konvensional, yaitu secara lisan dengan kehadiran peserta lelang.

lelang kendaraan bermotor dan alat berat milik Pemda Sambas tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari satu diantara temuan BPK RI terhadap aset yang telah rusak berat, atau aset yang tidak efektif penggunaannya, atau tidak efisien karena biaya pemeliharannya yang lebih besar

Objek yang dilelang adalah 41 unit, terdiri dari 16 unit kendaraan roda 4, 5 unit kendaraan roda 2, serta 20 unit kendaraan dan alat berat dalam bentuk scrap (rusak berat), yang berada pada 6 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Sambas, dari 41 Objek lelang, 37 diantaranya laku terjual dan sisanya Tidak Ada Peminat.

Bertindak selaku Pejabat Lelang adalah Riskon Zidni Amalana, Staff Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Singkawang. Lelang berjalan dengan lancar, tertib dan meriah, banyak peminat yang berusaha mempertahankan penawarannya untuk terus maksimal keluar sebagai pemenang lelang sehingga semua objek lelang dimaksud terjual diatas harga limit yang telah ditentukan.

Sementara itu, Sekretaris Badan Keuangan Daerah, Samekto Hadi Suseno mengungkapkan bahwa dalam kerangka penertiban aset Pemerintah Kabupaten Sambas pelaksanaan lelang ini juga memberikan pemahaman dan pembelajaran agar masyarakat Kabupaten Sambas semua tahu kenapa harus dilakukan lelang dan bagaimana lelang tersebut harus dilaksanakan karena ini kali pertama kami lakukan.  "Ini merupakan pengalaman pertama Pemkab Sambas dalam melakukan lelang, dan saya harapkan ke depannya, Kepala SKPD lainnya dapat melaksanakan lelang barang milik daerah yang benar-benar tidak efektif atau tidak efisien penggunaannya, agar permasalahan pengelolaan aset satu persatu dapat terselesaikan," terangnya.

Ia menambahkan bahwa animo masyarakat untuk mengikuti lelang kendaraan bekas pakai dinas sangat tinggi. "Ramai peminat yang mendaftar. Siapa yang menawar dengan harga tertinggi itulah yang akan mendapatkannya," jelas dia

Dalam prosesnya kita mengacu pada ketentuan peraturan perundangan yang ada, lelang benar-benar dilakukan secara transparan, tidak ada intervensi dari pihak manapun, termasuk mengatur siapa pemenangnya.

Di akhir pelaksanaan lelang beliau juga mengatakan bahwa, "Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan pelaksanaan lelang ini kepada semua pihak yang terlibat khususnya kepada KPKNL Singkawang yang telah berhasil menyelenggarakan pelaksanaan lelang ini dengan lancar, tertib, aman dan hasil yang maksimal dan berharap akan ada kegiatan lanjutan berupa lelang-lelang BMD yang lain" tutupnya.

Para peserta Lelang  tidak hanya berasal dari Kabupaten Sambas,  beberapa peserta berasal dari luar kota Sambas, seperti Kota Pontianak dan Singkawang. (idr/yds)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini