Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang Turut Dukung Kemenkeu sebagai Organisasi Pembelajar
Retno Nur Indah
Senin, 01 November 2021   |   183 kali

Salah satu perwujudan corporate university yang dicanangkan pada institusi Kementerian Keuangan adalah dengan mendorong lahirnya gerakan Learning Organization (LO) atau organisasi pembelajar. Dengan LO, setiap unit kerja Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia dirancang menjadi sarana dan wahana berkembang dan bertransformasi bagi seluruh pegawai agar siap memasuki era multi peluang dan tantangan abad 21 dengan cara memfasilitasi pembelajaran dan manajemen pengetahuan bagi seluruh pegawai.

KPKNL Singkawang sebagai salah satu unit vertikal DJKN Kementerian Keuangan telah menindaklanjutinya dengan merumuskan beberapa kegiatan pendukung bagi proses pembelajaran. Setelah secara khusus memperoleh arahan terkait learning organization, KPKNL Singkawang melalui tim perumus yang diketuai oleh Kepala Subbagian Umum, Eko Budi Hariyanto, melakukan serangkaian sosialisasi dan brainstorming di internal KPKNL Singkawang agar arahan dari pusat tersosialisasikan dengan baik kepada seluruh pegawai.  Selain itu, dilaksanakan pembahasan terkait turunan kegiatan yang akan disusun sebagai tindak lanjut teknis mewujudkan KPKNL Singkawang sebagai Learning Organization.

Sebelumnya KPKNL Singkawang telah rutin melaksanakan kegiatan berbagi informasi dan pengetahuan sembari melaporkan rencana dan realisasi kerja yang dilaksanakan setiap hari Senin atau Selasa pada kegiatan Senin/Selasa Informasi & Inspirasi atau yang disingkat SERASI.  Selanjutnya atas inisiatif Kepala KPKNL Singkawang, Odyses Medwan Sinurat, per September 2021 kegiatan SERASI tersebut dilaksanakan setiap hari melalui media zoom meeting dengan petugas yang ditunjuk secara bergantian untuk berbagi informasi dan pengetahuan yang tidak terbatas pada tugas dan fungsi sehari-hari.  Kemudian khusus setiap hari Rabu kegiatan Serasi dirangkaikan dengan kegiatan knowledge sharing.  

Sepintas kegiatan Serasi maupun Knowledge Sharing terlihat serupa karena diisi dengan laporan kondisi pegawai masing-masing seksi oleh setiap kepala seksi, penyampaian materi oleh pemateri di hadapan seluruh pegawai sebagai audience lalu dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Perbedaan keduanya terletak pada bobot materi di mana pada acara Serasi diisi dengan tema-tema umum yang ringan dan berdurasi pendek, informatif juga bermuatan motivasi dan membangkitkan inspirasi. Adapun pada kegiatan Knowledge Sharing, materi yang disampaikan lebih terkait tugas dan fungsi pokok untuk setiap seksi.  Setiap pelaksanaan kegiatan SERASI maupun Knowledge Sharing didokumentasikan dan ditayangkan secara langsung lewat kanal YouYube resmi KPKNL Singkawang.

KPKNL Singkawang sebagai salah satu unit kerja Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan ditunjuk sebagai salah satu unit sample yang berkewajiban untuk mengisi survey dan self assessment.  Hal tersebut merupakan pekerjaan besar, namun KPKNL Singkawang telah memulainya bahkan sebelum ditunjuk secara resmi.  Berkaitan dengan itu, mulai bulan Oktober 2021 kegiatan SERASI dan knowledge sharing yang telah rutin dilaksanakan, dilanjutkan sebagai bagian dari gerakan learning organization.  Berbagai materi yang secara bergiliran disampaikan oleh setiap pegawai tentu ada beberapa catatan sebagai evaluasi untuk perbaikan. Namun secara umum manfaat positif sudah sangat terlihat antara lain  peningkatan soft skill berupa communication skill dalam forum terbuka bagi setiap pegawai, mengasah nalar kritis, budaya tepat waktu dan yang lebih penting terkait tujuan dari learning organization adalah adanya transfer informasi antar pegawai dan merangsang budaya belajar di kalangan pegawai.

Selain itu, KPKNL Singkawang juga mengadakan kegiatan knowledge sharing berupa pelatihan Bahasa Inggris yang dilaksanakan sebulan sekali untuk meningkatkan kemampuan pegawai dalam berbahasa asing.  Hal tersebut didorong oleh kesadaran pentingnya penguasaan bahasa asing khususnya Bahasa Inggris di era globalisasi saat ini.  Pegawai KPKNL Singkawang juga mengikuti berbagai diklat dan e-learning untuk meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari melalui Kemenkeu Learning Centre dan KNpedia.  Selain sebagai peserta diklat, pegawai KPKNL Singkawang juga berperan aktif dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar, baik sebagai relawan fasilitator, pengajar, maupun dokumentator. 

Untuk meningkatkan literasi dan pengetahuan masyarakat mengenai tugas dan fungsi DJKN khususnya dan Kementerian Keuangan pada umumnya, pegawai KPKNL Singkawang berkarya melalui tulisan yang dimuat di website DJKN/KPKNL Singkawang dan media massa.  Tulisan karya pegawai KPKNL Singkawang yang dimuat di media massa juga berisi topik-topik populer yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

KPKNL Singkawang menyadari bahwa mendorong terwujudnya organisasi pembelajar adalah suatu pekerjaan besar.  Oleh karena itu diperlukan kerja sama dari seluruh pegawai untuk dapat mewujudkan KPKNL Singkawang sebagai learning organization.  Selain berbagai program yang telah dilaksanakan tersebut, langkah KPKNL Singkawang juga didukung oleh sejumlah strategi dan budaya kerja yang mendukung tumbuhnya budaya partisipatif, sinergi, dan komitmen personal maupun kolektif pada KPKNL Singkawang.

Penulis : Gusti Juliansyah, Editor : Retno

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini