Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja > Kilas Peristiwa
Di Hantam Gempa Bumi, KPKNL Singaraja Siap Untuk Selamat!
Putu Eka Dewi Yuliastuti
Senin, 29 April 2019   |   164 kali

KPKNL SINGARAJA MEMPERINGATI PELAKSANAAN HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA TAHUN 2019

“DIHANTAM GEMPA BUMI, KPKNL SINGARAJA SIAP UNTUK SELAMAT!”

Kalau ada gempa lindungi kepala, kalau ada gempa sembunyi di kolong meja. Kalau ada gempa jauhi  dari kaca kalau ada gempa lari ketempat terbuka. Petikan lagu tersebut mengawali kegiatan simulasi bencana alam gempa bumi yang diselenggarakan oleh BNPB Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Subperwakilan Kementerian Keuangan Kabupaten Buleleng pada hari Jumat, 26 April 2019. 

Puluhan pegawai KPP, KPPN, KPKNL dan GKN Singaraja berkumpul di lapangan GKN Singaraja dalam rangka mendukung Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2019. Ali Machfud selaku Kepala Subperwakilan Kementerian Keuangan  Singaraja memberikan sambutan. Simulasi ini sangat penting untuk dilakukan mengingat Indonesia merupakan negara yang rawan gempa bumi. Persiapan Simulasi ini dipandu oleh Made Yudi Sudarsana, staf BNPB Kabupaten Buleleng.  Yudi memberikan pelatihan pada tenaga CS dan Satpam melakukan evakuasi korban luka-luka. Agar lebih bersemangat, Yudi mengajak para peserta meneriakkan yel-yel “Subperwakilan Kementerian Keuangan Kabupaten Buleleng Siap untuk Selamat, tangguh tangguh tangguh!”.  Usai pengarahan, para pegawai kembali ke gedung dan ruang kerja masing-masing untuk menunggu sirene  gempa bumi.

Tepat pukul 08.00 simulasi dimulai, sirene pertama berbunyi atau gempa bumi terjadi. Para pegawai mempraktikkan arahan saat berkumpul dilapangan yaitu : Waspada, jangan panik, lindungi kepala, jangan berlari, jatuhkan diri dan berlindung dibawah meja. Beberapa menit kemudian sirene kedua berbunyi sebagai penanda saatnya evakuasi. Kali ini para pegawai mengikuti instruksi dari captain floor namun tetap tidak boleh panik, tetap melindungi kepala dan turun gedung harus melalui tangga (tidak diperkenankan memakai lift), terakhir adalah berkumpul di titik kumpul untuk dilakukan pendataan

Simulasi gempa bumi sukses dilaksanakan dengan harapan semoga para punggawa keuangan negara yang bertugas diseluruh Indonesia selalu aman dalam bekerja dan tetap tanggap akan bencana.

KPKNL Singaraja siap untuk selamat!

Teks/foto : eka

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini