Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja > Kilas Peristiwa
CERDAS CERMAT PANCASILA DI KPKNL SINGARAJA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA
Putu Eka Dewi Yuliastuti
Selasa, 06 Juni 2017   |   441 kali

CERDAS CERMAT PANCASILA DI KPKNL SINGARAJA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

Singaraja - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat  sebagai  rangkaian kegiatan Pekan Pancasila (2/6). Acara yang digelar dalam rangka  memperingati  hari lahir pancasila yang ke-72 ini dilaksanakan di aula serbaguna KPKNL Singaraja dengan menghadirkan peserta yang berasal dari perwakilan masing-masing seksi yang dibagi dalam 3 tim.

Pekan Pancasila yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo bertujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila.

Pada sambutannya sesaat sebelum acara dimulai, Kepala KPKNL Singaraja, Wahyu Nendro menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan himbauan dari Kantor Pusat untuk melaksanakan Pekan Pancasila yang dikemas dalam kegiatan seni ataupun pendalaman mengenai Pancasila. Wahyu mengatakan "Pancasila sudah tentu tidak asing lagi bagi generasi yang lahir pada tahun 70 hingga 80an dimana buku Pancasila biasanya tebal dan sebagian besar generasi tersebut hafal isinya, sedangkan pada generasi saat ini pelajaran pancasila dirasa kurang, demikian pula sosialisasi maupun gaungnya," tuturnya. Sehingga pemerintah menjadikan momen ini untuk membangkitkan lagi pemahaman tentang pancasila.

Sebelum lomba dimulai, Sebuah puisi berjudul “Pancasila”, karya Agus Dwi Martono dibawakan secara apik oleh Wida, staf subbag umum. Puisi sederhana ini menceritakan tentang Pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.  Selanjutnya, Agus Dwi Martono memandu cerdas cermat ini. Pertanyaan yang diajukan berkisar tentang sejarah pancasila hingga  pengamalan pancasila dalam keseharian kita. Cerdas cermat ini dibagi dalam 2 babak, yaitu Babak pertama masing-masing tim wajib menjawab soal yang sudah dipilih, dapat dijawab oleh tim lawan apabilajawaban tim tersebut tidak sesuai.  Sedangkan pada  babak kedua pertanyaan dapat dijawab secara rebutan. Pada babak pertama hasil yang diperoleh ketiga tim hampir berimbang, namun pada babak kedua persaingan sengit terjadi antara tim B dan C. Pada akhirnya, Tim B yang merupakan kolaborasi seksi PKN , Lelang dan KI keluar sebagai Juara I. Juara II diraih oleh Tim C gabungan antara seksi PN dan Umum sedangkan  Tim A gabungan antara seksi Penilaian dan HI sebagai juara III. Diakhir acara, setiap peserta mendapatkan piagam penghargaan. "Selamat hari lahir Pansasila, Saya indonesia saya Pancasila!"

Teks&foto:eka&didik

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini