Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tahun 2022 Ditutup Dengan Ledakan Jumlah Penilaian
Muhammad Ary Hendrawan
Selasa, 15 November 2022   |   101 kali

Singaraja – Jumat (04/11), bertempat di Kabupaten Amlapura, Seluruh Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah (PFPP) Ahli Pertama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja diturunkan untuk menjalankan tugasnya di tengah banyaknya kegiatan-kegiatan kantor di bulan tersebut. Sudah berjalan 5 hari sejak pencarian data objek dengan cara survey lapangan telah dilaksanakan oleh ketiga PFFP tersebut untuk mendapatkan fakta-fakta yang dibutuhkan dalam perhitungan penilaian mereka.

 

Penilaian merupakan salah satu tahapan yang diperlukan unit kerja Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk menjual atau menyewakan barang yang mereka gunakan. Penilaian yang dilaksanakan kali ini oleh ketiga PFPP tersebut merupakan tahapan proses pemindahtanganan dan pemanfaatan milik Polres Karangasem, BPN Karangasem, dan Pemkab Karangasem. Pada Satuan Kerja Polres Karangasem, PFPP atau yang sering disebut jabfung penilai melaksanakan survey lapangan sebagian tanah dan bangunan dalam rangka pemanfaatan sewa untuk digunakan oleh TK Bhayangkari. Di tempat lain, penilaian  dilaksanakan di BPN Karangasem berupa sebagian tanah dan bangunan dalam rangka pemanfaatan sewa yang akan digunakan sebagai ATM.

 

Tempat terakhir yang dikunjungi para Jabfung Penilai KPKNL Singaraja tersebut adalah Pemkab Karangasem. Di Pemkab Karangasem Jabfung-Jabfung Penilai memeriksa keaadaan, dokumen kepemilikan, dan informasi pengadaannya. Hal-hal tersebut diperlukan oleh jabfung penilai dalam memberikan opini nilai wajar yang mendekati fakta atas manfaat ekonomi oleh pemilik aset. Fakta-fakta atas data 243 kendaraan bermotor tersebut diambil dan dicatat sesuai kebutuhannya dalam penilaian kategori barangnya.

 

Dengan berlangsungnya penilaian sebanyak 243 kendaraan bermotor dan 2 sebagian tanah dan bangunan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas, instansi, hingga bangsa dan Negara dalam memperbaiki optimalisasi aset pemerintahan, serta roda perekonomian yang kian tidak menentu akibat dari pasca pandemi covid-19, permasalahan rusia-ukraina dan masalah-masalah skala dunia lainnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini