Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
IHT menuju KPKNL yang Berintegritas
I Gede Nyeng Budayasa
Senin, 25 Oktober 2021   |   121 kali

Singaraja  - Kamis, 21 Oktober 2021, Pejabat dan Pegawai KPKNL Singaraja mengikuti Pembelajaran IHT oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) melalui aplikasi zoom meeting. IHT yang dilaksanakan di depan layar masing-masing pegawai tersebut memilih “Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM)” sebagai tema yang dibawa Suradi selaku Widyaswara Madya dari Pusdiklat PSDM tersebut.

Acara dibuka dengan perkenalan oleh Suradi dan beberapa pejabat dan pegawai KPKNL Singaraja. IHT pun dilanjut dengan diskusi kedua belah pihak mengenai makna dan tujuan 4 pesan Sri Mulyani Indrawati kepada setiap kantor kementerian keuangan yang akan berpredikat WBK/WBBM. Setelah diskusi panjang terkait pesan tersebut selesai, acara dilanjutkan dengan penjelasan kriteria pengajuan WBK/WBBM yang meliputi 2 hal, syarat pengajuan zona integritas (ZI) dan Minimal Syarat Penetapan. Suradi menjelaskan syarat pengajuan ZI pada predikat WBK minimal kantor tersebut mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP) oleh BPK dan pada predikat WBBM minimal mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Suradi menambahkan selain Opini dari BPK nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) instansi pemerintah tersebut minimal B.

Selanjutnya Kiat-kiat Sukses menuju WBK dan WBBM pun dijelaskan oleh pengajar. Dalam bahan pembelajaran ini Saiful Hadi selaku Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Singaraja memberikan tanggapan terkait simplifikasi dan inovasi layanan, bahwa “semua inovasi maupun simplifikasi tidak harus berupa aplikasi maupun sistem besar, sesuatu yang kecil tetapi berdampak besar bagi organisasi seperti sebuah buku catatan peminjaman juga termasuk dalam hal ini”. Suradi setuju dan menanggapi bahwa selama hal tersebut merupakan terobosan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi stakeholder maka hal tersebut dapat disebut inovasi.

Setelah selesai berdiskusi mengenai tema tersebut, setiap pegawai dan pejabat dibagi menjadi 5 kelompok dan diberi tugas untuk membuat inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan dan menunjukkan organisasi pemerintah yang bersih dan bebas KKN. Dengan antusiasnya seluruh kelompok berdiskusi dan mempresentasikan trobosan yang mereka tentukan, salah satunya adalah KPKNL Online. KPKNL Online dijelaskan akan menggabungkan seluruh inovasi-inovasi yang dimiliki pegawai kpknl singaraja menjadi membuat rumah besar yang dapat melayani stakeholder secara mudah, akuntabel, dan transparan. KPKNL Online juga dapat digunakan sebagai tempat aspirasi internal maupun pihak eksternal demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholder.

Acara IHT kali ini ditutup dengan foto bersama dan review oleh pegawai PPSDM yang disambut meriah oleh pejabat dan pegawai KPKNL Singaraja. Dari acara ini harapannya KPKNL Singaraja semakin siap untuk menjadi kantor kementerian keuangan yang berpredikat WBK dan WBBM, serta dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para stakeholdernya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini