Singaraja - Kamis, 21 Oktober 2021, Pejabat
dan Pegawai KPKNL Singaraja mengikuti Pembelajaran IHT oleh Pusdiklat
Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Badan Pendidikan dan Pelatihan
Keuangan (BPPK) melalui aplikasi zoom meeting. IHT yang dilaksanakan di depan
layar masing-masing pegawai tersebut memilih “Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)
dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM)” sebagai tema yang dibawa Suradi
selaku Widyaswara Madya dari Pusdiklat PSDM tersebut.
Acara dibuka dengan perkenalan oleh Suradi dan beberapa pejabat
dan pegawai KPKNL Singaraja. IHT pun dilanjut dengan diskusi kedua belah pihak
mengenai makna dan tujuan 4 pesan Sri Mulyani Indrawati kepada setiap kantor
kementerian keuangan yang akan berpredikat WBK/WBBM. Setelah diskusi panjang
terkait pesan tersebut selesai, acara dilanjutkan dengan penjelasan kriteria
pengajuan WBK/WBBM yang meliputi 2 hal, syarat pengajuan zona integritas (ZI)
dan Minimal Syarat Penetapan. Suradi menjelaskan syarat pengajuan ZI pada
predikat WBK minimal kantor tersebut mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP)
oleh BPK dan pada predikat WBBM minimal mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian
(WTP). Suradi menambahkan selain Opini dari BPK nilai Akuntabilitas Kinerja
Instansi Pemerintah (AKIP) instansi pemerintah tersebut minimal B.
Selanjutnya Kiat-kiat Sukses menuju WBK dan WBBM pun dijelaskan
oleh pengajar. Dalam bahan pembelajaran ini Saiful Hadi selaku Kepala Kantor
Pelayanan Kekayaan Negara Singaraja memberikan tanggapan terkait simplifikasi
dan inovasi layanan, bahwa “semua inovasi maupun simplifikasi tidak harus berupa
aplikasi maupun sistem besar, sesuatu yang kecil tetapi berdampak besar bagi
organisasi seperti sebuah buku catatan peminjaman juga termasuk dalam hal ini”.
Suradi setuju dan menanggapi bahwa selama hal tersebut merupakan terobosan guna
memecahkan permasalahan yang dihadapi stakeholder maka hal tersebut
dapat disebut inovasi.
Setelah selesai berdiskusi mengenai tema tersebut, setiap
pegawai dan pejabat dibagi menjadi 5 kelompok dan diberi tugas untuk membuat
inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan dan menunjukkan organisasi pemerintah
yang bersih dan bebas KKN. Dengan antusiasnya seluruh kelompok berdiskusi dan
mempresentasikan trobosan yang mereka tentukan, salah satunya adalah KPKNL
Online. KPKNL Online dijelaskan akan menggabungkan seluruh inovasi-inovasi yang
dimiliki pegawai kpknl singaraja menjadi membuat rumah besar yang dapat
melayani stakeholder secara mudah, akuntabel, dan transparan. KPKNL
Online juga dapat digunakan sebagai tempat aspirasi internal maupun pihak
eksternal demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholder.
Acara IHT kali ini ditutup dengan foto bersama dan review oleh pegawai
PPSDM yang disambut meriah oleh pejabat dan pegawai KPKNL Singaraja. Dari acara
ini harapannya KPKNL Singaraja semakin siap untuk menjadi kantor kementerian
keuangan yang berpredikat WBK dan WBBM, serta dapat memberikan pelayanan terbaik
kepada para stakeholdernya.