KPKNL Singaraja
Berita DJKN

Lelang Goes To Campus Undiksha : Pengenalan Lelang Kepada Kaum Milenial

Selasa, 17 Maret 2020   |   81 kali

Singaraja (13/03) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja sebagai salah satu unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggelar acara Sosialisasi dan Forum Group Discussion (FGD) Lelang bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) bertempat di Aula Gedung Rektorat Undiksha Singaraja pada Jumat (13/03/2020).

 

Mengawali sambutannya dihadapan Pimpinan dan Mahasiswa Undiksha, Kepala KPKNL Singaraja Saiful Hadi mengharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat diterapkan di lapangan. “Harapannya kita tidak hanya mengajarkan secara teoritis namun sampai kepada implementasinya, kerjasama kita tidak hanya menangani Barang Milik Negara (BMN)”, ujarnya. Saiful Hadi lebih lanjut menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan/mempublikasikan tugas dan fungsi DJKN kepada masyarakat, khususnya mahasiswa dan peran lelang dalam perekonomian yaitu meningkatkan penerimaan negara/daerah serta penegakan hukum.

 

Di akhir sambutan Saiful berpesan kepada peserta sosialisasi jangan sampai menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan lelang dan KPKNL terutama melalui media sosial (internet). “Yang kami khawatirkan saat ini ada yang namanya modus, gelagat atau viral yang sifatnya penipuan”, ungkapnya.

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat dan Alumni, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. menyambut baik dan bersyukur atas terselengaranya kegiatan ini sebagai wujud kerjasama antara Undiksha dan KPKNL Singaraja. Mahasiswa diharapkan dengan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini dapat meneruskannya ke masyarakat di lingkungannya sehingga lelang semakin dikenal dan tidak ada korban penipuan yang mengatasnamakan lelang. “Kalau mahasiswa harus berpikir kritis ya, tidak mungkin ada hal-hal diluar nalar kita”, pesannya. Di akhir sambutan Suastra mengucapkan selamat ulang tahun ke 112 Lelang Indonesia, semoga tetap jaya dan memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara.

 

Acara dilanjutkan materi sosialisasi dan FGD yang dibawakan oleh Plt. Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Singaraja dan Pelelang/Pejabat Lelang secara bergantian. Inti dari materi yang disampaikan adalah tata cara pelaksanaan lelang secara elektronik (e-auction) baik oleh pemohon maupun peserta lelang. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan penawaran lelang yang telah dijadwalkan sebelumnya disaksikan langsung oleh mahasiswa. Hadir penjual dari PD BPR “Bank Pasar” Kabupaten Bangli untuk Lelang Noneksekusi Wajib Barang Milik BUMD berupa satu unit kendaraan roda empat namun belum ada yang mengajukan penawaran. Dan hadir pula penjual dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli untuk Lelang Noneksekusi Wajib BMN berupa kertas surat suara dengan hasil laku terjual lelang melampaui harga limit.

 

Kini giliran mahasiswa menjadi peserta lelang melalui Simulasi lelang dimulai dengan melakukan lelang Termos dengan nilai limit Rp.10.000 saja, para peserta begitu antusias angkat tangan melakukan penawaran dengan harga yang semakin naik-naik untuk mendapatkan tersebut tersebut. Selain termos, pelelang juga melakukan lelang helm, dan powerbank. Setiap barang yang ditawarkan selalu laku lelang membentuk harga bekali-kali lipat dari nilai limit. Beberapa pemenang sudah bersiap untuk melunasi barang yang mereka dapatkan. Panitia juga melayani berbagai pertanyaan peserta seputar lelang.

 

Di penghujung acara, pelelang secara khusus mengumumkan kejutan untuk para pemenang lelang bahwa seluruh barang yang telah dimenangkan lelang diberikan secara cuma-cuma bagi para pemenang atas partisipasinya telah ikut serta dan antusias mengikuti simulasi lelang. Sorak sorai dan tepuk tangan meriah menyambut pengumuman ini, beberapa peserta yang terdaftar nampak sedikit menyesal karena karena malah tidak ikut menawar disisi lain wajah sumringah para pemenang lelang yang berasal dari kalangan mahasiswa nampak bersyukur karena barang-barang yang didapat sangat bermanfaat bagi mereka.

 

Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, dirgahayu lelang indonesia! (penulis/foto: HI KPKNL Singaraja)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Udayana No. 10, Gedung Keuangan Negara, Singaraja
(0362) 32811, 32812
(0362) 32814
kpknlsingaraja@kemenkeu.go.id