Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja Jadi Saksi Pemusnahan Ratusan Buku Nikah
Putu Eka Dewi Yuliastuti
Selasa, 08 Oktober 2019   |   263 kali

KPKNL SINGARAJA JADI SAKSI PEMUSNAHAN RATUSAN BUKU NIKAH

 

Singaraja (04/10/2019), Kemenag Kabupaten Buleleng memusnahkan persediaan ratusan buku nikah berupa 568 eksemplar kutipan akta nikah dan 18 eksemplar duplikat kutipan akta nikah yang sudah tidak berlaku lagi di lingkungan kantor Kemenag Buleleng. Bertempat dihalaman belakang Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng, jalan Dewi Sartika Nomor 25 Singaraja. Pemusnahan buku nikah ini dilakukan dengan cara dibakar.

Pemusnahan buku nikah ini langsung dilakukan oleh I Gusti Komang Sumberjana, Kepala Kemenag Buleleng dan didampingi oleh HB Ali Musthofa, Kasi Bimas Islam Kabupaten Buleleng. Hadir dalam kesempatan ini, Munarto, Kasubbag Umum KPKNL Singaraja bertindak selaku saksi dalam pelaksanaan kegiatan pemusnahan BMN tersebut.

Menurut Gusti Komang, buku nikah yang dibakar dalam kondisi kadaluarsa karena merupakan keluaran saat Menteri Agama dijabat oleh Suryadharma Ali. Saat ini sudah ada Buku nikah baru yang ditandatangani Menteri Agama sekarang yaitu Lukman Hakim Saifuddin. Pemusnahan buku nikah ini untuk menghindari penyalahgunaan “Kalau tidak dimusnahkan maka dikhawatirkan akan dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk disalahgunakan", demikian penjelasan dari Gusti Komang. Pemusnahan buku nikah itu sesuai dengan Surat Sekretaris Jenderal Kepala Biro Keuangan  dan BMN Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 3640/SJ/B.III/KS.01.6/04/2019 tanggal 26 April 2019 perihal persetujuan pemusnahan blanko nikah  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng.

Akhir dari rangkaian acara ini adalah penandatanganan Berita Acara Pemusnahan oleh ketua tim pemusnahan dan para saksi yang sebelumnya telah secara langsung menyaksikan proses pemusnahan. Dengan adanya pemusnahan ini akan mengurangi beban pencatatan dan penjagaan buku nikah sebagai Barang Milik Negara. Pemusnahan buku nikah yang sudah kadaluarsa bertujuan untuk menjaga tertib administrasi dalam pengelolaan Barang Milik Negara sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor    83/PMK.06/2016 Tentang Tata Cara Pemusnahan dan Penghapusan Barang Milik Negara

Mari wujudkan 3T, tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum dalam pengelolaan BMN.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini