Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja melaksanakan kick off Re-Inventarisasi BMN tahun 2019
Putu Eka Dewi Yuliastuti
Selasa, 05 Maret 2019   |   303 kali

KPKNL Singaraja melaksanakan kick off Re-Inventarisasi BMN tahun 2019

Singaraja Pada tanggal 04 - 05 Maret 2019, Menjelang perayaan hari raya nyepi yang menjadi tradisi umat hindu dibali suasana Anjungan Pelayanan Terpadu (APT) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja yang berlokasi di Gedung Keuangan Negara Singaraja Jalan Udayana Nomor 10 lebih hingar bingar daripada biasanya. Senyum ramah dan ucapan selamat datang menyambut kedatangan  satker yang hendak melaksanakan kegiatan verifikasi form pendataan Re-Inventarisasi Barang Milik Negara (BMN) tahun 2019 sekaligus memanfaatkan sisa waktu yang ada dalam mengejar target Re-Revaluasi BMN tahun 2019.

Revaluasi BMN tahun 2017 dan 2018 telah berakhir namun BPK RI  menganggap revaluasi aset belum dapat diterima sehingga perlu diulang prosesnya sejak awal yang selanjutnya dikenal dengan kegiatan Re-Revaluasi. Proses ini diawali dengan kegiatan  inventarisasi  pengisian form data BMN. Tahapan Re-Inventarisasi saat ini menjadi lebih ketat dan memerlukan verifikasi dan asistensi secara khusus untuk memastikan form sudah lengkap dan akurat.

Adapun teknis pelaksanaan verifikasi form pendataan Re -Inventarisasi BMN tahun 2019 di KPKNL Singaraja dimulai dengan pengecekan kelengkapan form re-inventarisasi  kemudian satker diarahkan memasukkan data inventarisasi ke aplikasi SIMAN melalui pembuatan tiket revaluasi. Selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh tim penilai KPKNL Singaraja. Satker yang datang tidak hanya melakukan verifikasi form pendataan tapi juga langsung melakukan konsultasi terkait penilaian

Petugas inventarisasi dan pejabat yang hadir wajib membawa kelengkapan Form Re-inventarisasi (Hardcopy dan softcopy), Kartu Identitas Barang, Dokumen kepemilikan BMN dilengkapi sketsa bangunan, Foto terbaru  yang memuat tanggal inventarisasi serta laptop yang sudah terinstal aplikasi SIMAK BMN dan SIMAN

Jauh sebelum kegiatan re-inventarisasi dimulai, KPKNL Singaraja telah menyusun strategi untuk menghadapi re-inventarisasi sampai dengan kick off revaluasi BMN tahun 2019. Persiapan yang matang sinergi antara Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian serta Tim KOPI PAHIT. KOPI PAHIT merupakan singkatan dari Koaching aplikasi PKN paling hits, dimana tim ini  adalah besutan seksi PKN yang berasal dari pegawai berbagai seksi, setiap minggunya tim ini mendapat pelatihan mengenai aplikasi  penunjang revaluasi (SIMAK, SIMAN, SIPREVAL, Peraturan pengelolaan BMN).

Kesuksesan Re-Inventarisasi ini memerlukan kerjasama yang baik semua pihak. Semoga Re-Inventarisasi BMN 2019 ini mampu menyajikan data aset negara yang akuntabel (tertib secara hukum, tertib administrasi dan tertib secara fisik).


#Mari Benahi Aset Negara untuk generasi masa depan yang lebih baik!

(Teks/foto:eka)           

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini