Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Kilas Peristiwa
KPKNL Sidoarjo : Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh
Retno Sri Astuti
Rabu, 02 Juni 2021   |   189 kali

Sidoarjo 1/6/2021  -   Setiap tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila, sejarah lahirnya Pancasila adalah judul dari pidato yang disampaikan oleh Ir.Soekarno dalam sidang Dokuritsu Jumbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 1 Juni 1945.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dipusatkan dihalaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jakarta secara virtual reality dan secara daring pada masing masing instansi  pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun lingkungan pendidikan dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar Negeri, tidak terkecuali seluruh pegawai KPKNL Sidoarjo  mengikuti upacara peringatan Hari  Lahir  Pancasila  2021  melalui media elektronik, atau lewat jaringan (on-line). Upacara disiarkan secara live dari Gedung Pancasila Jakarta pada tanggal 1 Juni 2021 berpedoman pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Nomor : SE-2/SJ/2021 Tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 Di  Lingkungan Kementerian Keuangan.

Upacara di mulai pukul 07.45 wib, mengenakan baju adat tanah bumbu, Presiden Jokowi memimpin upacara  Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Selasa (1/6/2021).Dalam Pidatonya Presiden mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an.
“Saudara-saudara sebangsa dan seTanah Air menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0,” kata Jokowi saat menyampaikan amanatnya dalam Peringatan Hari Kelahiran Pancasila dari Istana Kepresidenan Bogor
.

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan. Mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari.

” Selamat Hari Lahir Pancasila, Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia  Tangguh “

(by.onter/tim HI)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini